News

Hebat, Anggota Kodim Cetak Sawah Baru di Manggarai Timur, Ini Luas Lahan yang Digarap

Rencananya, tahun 2019, jajaran TNI akan melakukan perluasan areal sawah di Matim.

Hebat,  Anggota Kodim Cetak Sawah Baru di Manggarai Timur, Ini Luas Lahan yang Digarap
Kodim Manggarai/Dok
Rapat dan sosialisasi cetak sawah baru di Manggarai Timur. 

 Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Aris Ninu

POS KUPANG, COM, BORONG - Program upaya khusus (Upsus) swasembada pangan untuk petani terus dilakukan Kodim 1612 Manggarai di Kabupaten Manggarai Timur (Matim).

Rencananya, tahun 2019, jajaran TNI akan melakukan perluasan areal sawah di Matim. Pencetakkan sawah baru itu pada dua titik, yakni Kecamatan Borong dan Elar.

Hal ini terungkap dalam hasil rapat dan sosialisasi perluasan cetak sawah di Kantor Bupati Manggarai Timur, Selasa (10/9/2019) pagi.

Sesuai hasil rapat yang diperoleh Pos Kupang di Borong, Kamis (12/9/2019) pagi, menyebutkan, dalam rapat yang dihadiri Danramil 04/Borong, Kapten Inf Zainuddin telah dibahas rencana perluasan sawah akan dilakukan di dua lokasi, yakni Kecamatan Borong tepatnya di Desa Bangka Kantar dengan luas areal sekitar 227 hektare dan Kecamatan Elar tepatnya di Desa Golo Lijun dengan luas areal sekitar 123 hektare. Sehingga total luas areal cetak sawah baru adalah 350 hektar.

Hadir dalam rapat tersebut Sekda Kabupaten Manggarai Timur, Ir.Boni Hasudungan, Tim Teknis dan Sosialisasi Pertanian Provinsi NTT, para kepala OPD di Matim, Camat Borong dan Camat Elar, Danramil 1612-04/Borong, para PPL dan penyuluh pertanian di Matim.

Untuk diketahui, pelaksanaan swasembada pangan di Kabupaten Manggarai Timur terus digiatkan TNI bersama rakyat dan pemerintah daerah. Salah satunya, dengan upaya mencetak sawah baru guna menghasilkan luas lahan dan hasil panen tinggi.

Cetak sawah baru ini dilakukan agar lahan yang sudah lama tidak digunakan atau lahan tidur dibuat menjadi lahan persawahan dalam rangka menyukseskan ketahanan pangan yang merupakan program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan terutama di wilayah Kodim 1612 Manggarai.

Dengan adanya cetak sawah baru ini akan mendukung percepatan pencapaian swasembada pangan.

Program cetak sawah ini nantinya akan terus berkembang secara bertahap dan akan berhasil apabila dilakukan dengan penuh kesabaran dan keseriusan.

Program ini untuk membantu rakyat agar masyarakat jangan beli beras lagi dari luar negeri. Selain itu, program cetak sawah ini harus diteruskan dengan semangat kerja dan rasa memiliki dari masyarakat yang nantinya akan mengelolah sawah tersebut sehingga program swasembada pangan bisa berhasil dan menurunkan tingkat kemiskinan.

Masyarakat juga harus merasa memiliki dan bertanggung jawab agar nantinya semua yang dikerjakan dapat berjalan dengan baik.*

Penulis: Aris Ninu
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved