12 BPR se-NTT Ikut Workshop Strategi Penyaluran Kredit

satu orang pegawai analis kredit/account officer dan pejabat/pegawai yang menangani pelaporan APU dan PPT.

12 BPR se-NTT Ikut Workshop Strategi Penyaluran Kredit
POS KUPANG/YENI RACHMAWATI
Kepala Kantor OJK Provinsi NTT, Robert Sianipar didampingi para pejabat pose bersama peserta Workshop di Aula Lantai IV Kantor OJK NTT, Jumat (13/9/2019). 

12 BPR se-NTT Ikut Workshop Strategi Penyaluran Kredit

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- 12 BPR se-NTT mengikuti Workshop Strategi Penyaluran Kredit dan Analisa Kredit dalam Rangka Optimalisasi Peran BPR untuk Meningatkan Ekonomi NTT, di Lantai IV Kantor OJK NTT, Jumat (13/9/2019).

Masing-masing BPR mengutus tiga perwakilan yaitu dari satu orang Pejabat Eksekutif yang membidangi perkreditan, satu orang pegawai analis kredit/account officer dan pejabat/pegawai yang menangani pelaporan APU dan PPT.

Robert mengatakan Workshop ini digelar karena BPR perlu memperhatikan penerapan program APU & PPT sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12/POJK.01/2017 tentang Penerapan Program APU PPT di Sektor Jasa Keuangan.

Ia menjelaskan SIGAP merupakan sistem berbasis web yang dibangun untuk mengintegrasikan data dan informasi terkait hasil pengawasan program APU PPT dan menjadi sumber data pendukung untuk penerapan program APU PPT.

SIGAP dibangun untuk mendukung implementasi pengawasan program APU PPT dalam rangka menjawab rekomendasi FATF no. 33 terkait Statistik dan mendukung implementasi pengawasan program APU PPT berdasarkan POJK Nomor 12/POJK.01/2017 tentang Penerapan Program APU PPT di Sektor Jasa Keuangan.

SIGAP, lanjutnya, telah dibangun sejak tahun 2017 untuk keperluan internal OJK. Saat ini sedang dilakukan pengembangan SIGAP tahap II yang mencakup pertukaran informasi dengan PJK dan diharapkan dapat memperluas dan meningkatkan akses terhadap pertukaran data dan informasi terkait program APU PPT baik untuk internal maupun eksternal OJK.

Soal Kasus Dugaan Malpraktek di RS Leona, Penyidik Polres Telah Periksa Lima Orang

KETERLALUAN! Kepergok Zina dengan Pacar, Siswi di Padang Dipaksa Layani Nafsu Bejat 4 Buruh

Atas hal tersebut, maka BPR perlu diberikan pelatihan kepada pejabat/pegawai di bidang perkreditan dengan tema “Pelaksanaan Strategi Penyaluran Kredit dan Peningkatan Kualitas Analisa Kredit Dalam Rangka Menjadikan BPR yang Berkontributif” khususnya dalam perekonomian Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved