Gua Mabala Surga Alam Di Tanah Rai Hau

wisatawan diperkenalkan ke Gua Mabala, gua alam yang memesona di bawah rindangan pohon beringin.

Gua Mabala Surga Alam Di Tanah Rai Hau
POS KUPANG/GERADUS MANYELA
Inilah pesona Gua Mabala, di Sabu Tengah, Kabupaten Sabu Raijua. Gambar diambil Rabu (11/9/2019) 

Gua Mabala Surga Alam Di Tanah Rai Hau

POS-KUPANG.COM--Gua Mabala di Desa Eimau, Kecamatan Sabu Tengah,Kabupaten Sabu Raijua,Provinsi Nusa Tenggara Timur,   menjadi salah satu destinasi yang dijual Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua dalam paket Jelajah Pesona dan Festival Kelabba Madja.

Pada hari ketiga festival,  wisatawan diperkenalkan ke Gua Mabala, gua alam yang memesona di bawah rindangan pohon beringin.

Untuk menuju ke Gua Mabala, Anda hanya membutuhkan waktu 45 menit dari Seba, ibukota Kabupaten Sabu Raijua.

Jika Anda datang dari Kupang, ibukota Provinsi NTT,  bisa menumpang pesawat Susi Air  dengan harga tiket Rp 1,2 juta atau kapal cepat Fungka 9 dan 10 atau Chantika Expres dengan harga tiket Rp 250 ribu.

Jika Anda menumpang Fungka membutuhkan waktu tempuh 6-7 jan sedangkan Chantika Expres hanya 4-5 jam tiba di Pelabuhan Seba.

Bupati Sabu Raijua,  Nikodemus Rihi Heke memberikan keterangan pers di mulut Gua Malaba, Rabu (11/9/2019)
Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke saat menyapa pengunjung di Gua Mabala, Rabu (11/9/2019) (POS KUPANG/GERADUS MANYELA)

Untuk ke Gua Mabala dan destinasi wisata lainnya, Anda bisa mencarter mobil rental sehari Rp 800 -900 ribu, tergantung tipe mobil dan negosiasi dengan sopirnya. 

Tapi yakinlah, biaya dan keletihan akan terobati ketika Anda memasuki gua eksotis ini. Untuk sampai ke gua ini Anda pun harus menapaki jalan beton yang hanya untuk pejalan kaki dan sepeda motor.

Begitu sampai di mulut gua, Anda akan menemui pemuda setempat yang menjaga pintu masuk. Silahkan antre jika banyak wisatawan seperti terlihat pada Rabu (11/9/2019). J

ika pintu sudah dibuka, Anda akan menjajakan kaki menuju tangga yang terbuat dari balok kelapa lalu masuk ke mulut gua yang memesona. Ada kotak donasi yang disiapkan, berapa saja terserah Anda. 

Halaman
123
Penulis: Gerardus Manyela
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved