Ini Pendapat Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NT Tentang Puteri Pariwisata

Proses pemilihan Puteri Pariwisata tahun ini diproses dari Tingkat Kabupaten/Kota ke Tingkat Provinsi.

Ini Pendapat Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NT Tentang Puteri Pariwisata
POS KUPANG/DOK
POS KUPANG/DOK Kepala Bapeda NTT, Ir. I Wayan Darmawa 

Ini Pendapat Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NT Tentang Puteri Pariwisata

POS-KUPANG.COM-- Proses pemilihan Puteri Pariwisata tahun ini diproses dari Tingkat Kabupaten/Kota ke Tingkat Provinsi. Kemudian juara satu Tingkat Provinsi mewakili Provinsi NTT ke Tingkat Nasional.

Di Tingkat nasional, para finalis diberikan pembekalan tentang kebijakan pariwisata, kepribadian, kecantikan,
catwalk, budaya, kuliner dan table manner.

Dilakukan pula pembersihan gigi dan manicure-pedicure (perawatan kuku tangan dan kaki) agar pada waktu show peserta sudah bersih, rapi dan cantik.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Wayan Darmawa, ketika dihubungi Jumat (6/9/2019).

Menurutnya Puteri Pariwisata mempunyai peluang besar untuk mempromosikan destinasi, budaya serta keunggulan lainnya dari NTT karena didukung oleh Kementrian Pariwisata yang bersinergi dengan program Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

"Arief Yahya menjelaskan, revolusi di bidang teknologi informasi digital di bidang pariwisata yang dikenal dengan pariwisata 4.0 telah membawa perubahan yang signifikan dalam penyelenggaraan kepariwisataan. Perubahan ini tidak hanya menciptakan peluang, namun juga tantangan bagi pariwisata pada setiap pilar kepariwisataan Indonesia dalam mencapai tujuan, yakni mensejahterakan masyarakat Indonesia.” Katanya mengutip pernyataan Arief Yahya.

Ia menyebutkan nama-nama Puteri Pariwisata NTT sejak tahun 2016 yaitu Rivani Bistolen, Tahun 2017, Ireni Alexandria Garu, Tahun 2018, Jenni Claudianti Johandra Besin dan Tahun 2109 Clarita Mawarni Salem.

Dimana seleksi Puteri Pariwisata melalui tahapan registrasi peserta, technical meeting, pembekalan materi kebijakan pengembangan pariwisata daerah, strategi promosi pariwisata, kecantikan, kepribadian, narkoba dan HIV/AIDS, presentasi peserta, wawancara, public speaking, talent show dan grand final yang terdapat pertanyaan-pertanyaan dari dewan juri.

Ia mengatakan pemerintah selalu mendukung Puteri Pariwisata dan selalu melibatkannya pada HUT NTT, HUT RI dan juga pada setiap event yang diselenggarakan dalam rangka promosi pariwisata di 22 Kabupaten/Kota se-NTT.

Halaman
12
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved