Wabup Lembata Minta Pemprov NTT Fokus Pada Kerja Sama Ekonomi NTT

-Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday menilai dampak satu tahun kepemimpinan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat dan Wakil gubernur NTT

Wabup Lembata Minta Pemprov NTT Fokus Pada Kerja Sama Ekonomi NTT
Foto/Dokumen Humas Setda Lembata
Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM-LEWOLEBA-Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday menilai dampak satu tahun kepemimpinan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat dan Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi sudah mulai terlihat.

Namun, dia meminta keduanya untuk lebih fokus mengambangkan Kerja Sama Ekonomi NTT yang sudah dicetuskan di Labuan Bajo, Manggarai Barat beberapa waktu lalu. Kerja sama ini adalah kerja sama ekonomi antar Pemda di NTT.

"Itu kalau dia fokus di situ sebenarnya NTT ini bisa sejahtera," kata Wabup Langoday, Jumat (6/9/2019).
Dia mengatakan kerja sama ekonomi NTT ini harus ditindaklanjuti kerja sama di tingkat kabupaten. Sampai saat ini, kata dia, belum ada kabupaten/kota di NTT yang merancang kerja sama ini.

Kabupaten Lembata sendiri sudah mulai merancang kerja sama antar daerah dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Pemkab Belu dan Manggarai Barat. Namun operasional teknisnya belum berjalan baik.

"Misalnya kita mau kirim ikan kerapu ke Manggarai Barat sekian ton setiap bulan dan kontinyu. Kita tidak punya. Yang dibutuhkan itu adalah surat perintah kerja kepada OPD teknis untuk segera merealisasikannya."

Ada kerja sama ekonomi NTT tapi operasional di lapangan belum ada. Yang dia maksud dengan operasional adalah setiap kabupaten mengirim hasil produksinya seperti ikan, sapi, kopi dan produk-produk unggulan lain ke kabupaten lain di NTT secara tetap, konsisten dan berkelanjutan.

"Ini harus fokus kalau tidak fokus maka tidak ada. Dinas teknis provinsi h

arus memilah potensi daerah berbasiskan data. Yang kita butuh sekarang adalah actionnya saja."
Potensi setiap daerah di NTT sangat banyak dan luar biasa, maka dari itu, pemerintah dapat memanfaatkan ini untuk percepatan ekonomi.

Peningkatan Infrastruktur Jalan Mulai Nampak.

Halaman
12
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved