Semua Rumah Tangga di Desa Wolowea Miliki Jamban

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, hadir dalam deklarasi ODF (Open Defecation Free/ Stop Buang Air Besar Sembarangan)

Semua Rumah Tangga di Desa Wolowea Miliki Jamban
ISTIMEWA
Suasana saat kegiatan deklarasi Open Defecation Free/ Stop Buang Air Besar Sembarangan Pilar I STBM di Desa Wolowea Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo, Kamis (5/9/2019). 

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, hadir dalam deklarasi ODF (Open Defecation Free/ Stop Buang Air Besar Sembarangan) Pilar I STBM di Desa Wolowea Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo, Kamis (5/9/2019).

Deklarasi ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Don sebagai pertanda bahwa desa tersebut merupakan desa ke lima yang dinyatakan telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Kegiatan ini disaksikan oleh seluruh masyarakat dan para pejabat dari perangkat beberapa instansi terkait.

Ini 5 Tuntutan Gubernur Maluku Saat Bertemu Utusan Menteri Susi Selama 3 Jam

Sekretaris Desa Wolowea, Ansimus Meo Ngengo, selaku ketua panitia, melaporkan berkat proses pemicuan dan pemantauan terus-menerus, perilaku higienis dan sanitasi warga telah berubah.

Ansi menguraikan alasan kegiatan ini dilaksanakan adalah 100 % KK (Kepala Keluarga) telah telah memiliki jamban yang didukung dengan ketersediaan sarana air bersih dari program Pamsimas.

Ia menyatakan seluruh rumah tangga di desa Wolowea semua sudah memiliki jamban dan air yang cukup.

Ini Pesan Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do untuk Masyarakatnya

Ia berharap agar masyarakat memanfaatkan dengan baik sehingga tidak boleh buang air besar disembarangan tempat.

Sementara itu, Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, mengapresiasi kemajuan yang sudah dicapai oleh masyarakat Desa Wolowea tersebut.

Akan tetapi, Bupati Don juga mengingatkan agar semua anggota keluarga harus taat menggunakan jamban.

Ia mengajak agar masyarakat mulai memikirkan tatanan hidup baru dengan keberpihakan yang lebih besar kepada perempuan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved