News

Dana Komite SMAN 1 Waikabubak Rp 750 Ribu/Siswa, Bupati Niga Minta Tinjau Ulang, Ini Alasannya

jumlah uang komite sekolah yang ditetapkan cukup besar dan memberatkan orangtua murid, terutama yang berasal dari desa dengan penghasilan pas-pasan.

Dana Komite SMAN 1 Waikabubak Rp 750 Ribu/Siswa, Bupati Niga Minta Tinjau Ulang, Ini Alasannya
net
ilustrasi 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Petrus Piter

POS KUPANG, COM, WAIKABUBAK - Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole, meminta Kepala SMAN 1 Waikabubak, Paulus Sukur, S.Pd, dan ketua komite sekolah setempat meninjau kembali keputusan tentang besaran dana komite sekolah tahun ajaran 2019/2020 sebesar Rp 750.000 per siswa.

Pasalnya, SMAN 1 Waikabubak adalah sekolah negeri dan hampir semua kegiatan sekolah didanai pemerintah daerah.

Selain itu, jumlah uang komite sekolah yang ditetapkan cukup besar dan memberatkan orangtua murid, terutama yang berasal dari desa dengan penghasilan pas-pasan.

Menurut Bupati Niga, sekolah dan komite sekolah perlu meninjau kembali keputusan tentang besaran uang komite dan sejumlah biaya lainnya.

Sebab dana komite sekolah sebesar Rp 750.000/siswa ditambah biaya lain untuk siswa-siswi baru mencapai Rp 1.465.000 terasa cukup besar dan memberatkan orangtua murid.

"Memang benar orangtua murid setuju dan tidak keberatan atas besaran dana komite sekolah saat berlangsung rapat bersama membahasnya karena ingin menjaga perasaan dan kenyamanan anak-anaknya di sekolah," ujar Bupati Niga di Kantor DPRD Sumba Barat, Senin (2/9/2019).

Orangtua, lanjutnya, tidak ingin mengganggu perasaan anak-anaknya manakalah mengetahui orangtuanya keberatan atas besaran dana komite sekolah meskipun dalam hatinya tak nyaman dengan keputusan itu.

"Sebagai orangtua mereka pasrah menerima keputusan itu asal anaknya sekolah dengan aman," tambah Bupati Niga.

Karena itu, lanjut Bupati Niga, sebagai kepala pemerintahan di Sumba Barat, pihaknya berharap sekolah dan komite mengadakan pertemuan bersama mempertimbangkan kembali keputusan tentang besaran dana komite sekolah tahun ajaran 2019/2020 sebesar Rp 750.000/siswa.

Hal senada disampaikan Ketua DPRD Sumba Barat, Gregorius HBL Pandango, S.E, Senin (2/8/2019).

Dia meminta sekolah harus transparan mengelola dana komite agar orangtua mempercayainya. *

Penulis: Petrus Piter
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved