Gempa Bumi 4.1 SR Goyang Ruteng, Manggarai, Getarannya Dirasakan Warga

Minggu, 1 September 2019 pukul 11.36.40 WITA, wilayah Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, diguncang Gempa Bumi Tektonik.

Gempa Bumi 4.1 SR Goyang Ruteng, Manggarai, Getarannya Dirasakan Warga
ISTIMEWA
Peta gempa bumi 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Minggu, 1 September 2019 pukul 11.36.40 WITA, wilayah Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, diguncang Gempa Bumi Tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,1.

Episenter terletak pada koordinat 8,18 LS dan 120,80 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 60 Km timur laut Ruteng-Manggarai-NTT, pada kedalaman 24 Km.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Drs. M.Taufik Gunawan, Dipl SEIS menyampaikan hal itu melalui siaran pers yang dikirim oleh pihak Stasiun Geofisika Waingapu di group WatsApp Info BMKG Sumba, Minggu (1/9/2019).

Bobotoh Belum Memuji Pemain Anyar Persib Bandung Baru, Ini Alasannya

Taufik menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

Kata dia, Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Ruteng I-II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Eks Pemain Maung, Bojan Malisic Pergi Tanpa Air Mata, Sulit Lupakan Bobotoh Persib Bandung, Pesannya

Taufik juga menjelaskan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Taufik juga menyarankan, agar periksa untuk pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan.

"Mohon cermati dan terus berlatih langkah - langkah praktis untuk antisipasi bahaya gempabumi, baik pada saat persiapan sebelum gempa, saat dan setelah gempabumi.Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg,"pungkas Taufik. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved