Saksi Minta KPU Batalkan Keterpilihan Tiga Caleg PDIP, Ini Alasannya

PDI Perjuangan ( PDIP) meminta Komisi Pemilihan Umum ( KPU) membatalkan keterpilihan tiga orang calon legislatif ( Caleg) mereka.

Saksi Minta KPU Batalkan Keterpilihan Tiga Caleg PDIP, Ini Alasannya
Kompas.com/Fitria Chusna Farisa
Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dalam negeri dan penetapan hasil pemilu 2019 di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019). 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - PDI Perjuangan ( PDIP) meminta Komisi Pemilihan Umum ( KPU) membatalkan keterpilihan tiga orang calon legislatif ( Caleg) mereka.

Hal ini disampaikan PDIP dalam rapat pleno terbuka penetapan kursi dan calon terpilih anggota DPR dan DPD, Sabtu (31/8/2019).

"Di daerah pemilihan Sumatra Selatan I satu orang (yang minta dibatalkan), (dapil) Kalimantan Barat I ada dua orang," kata saksi PDIP Candra Irawan dalam rapat pleno di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Polisi Tangkap 2 Tersangka Pengibar Bendera Bintang Kejora Saat Aksi Demo di Depan Istana Negara

Candra mengatakan, caleg PDIP yang meraih suara terbanyak di dapil Sumsel I meninggal dunia.

Untuk mengisi kursi tersebut, KPU kemudian menyatakan caleg bernama Riezky Aprilia sebagai pengganti caleg terpilih. Sebab, Riezky mendapat suara terbanyak setelah caleg tersebut.

Namun, PDIP ingin menempatkan caleg lainnya untuk mengisi kursi tersebut. Oleh karenanya, PDIP meminta KPU membatalkan keterpilihan Riezky.

Bank Indonesia Sempurnakan SKNBI

"Putusan MA kan (menyatakan) memberikan suaranya kepada parpol. Kalau parpol partai kami memberikan ke nomor 6 atas nama Harun," ujar Candra.

Dua orang caleg daerah pemilihan Kalbar I yang ingin dibatalkan keterpilihannya oleh PDIP ialah Alexius Akim dan Michael Jeno.

Di dapil tersebut, Alexius Akim mendapat suara terbanyak kedua, tetapi yang bersangkutan dipecat oleh PDIP karena melanggar kode etik.

Suara terbanyak setelah Alexius diraih Michael Jeno, tetapi Michael sudah mengundurkan diri dari PDI-P.

Oleh karenanya, PDIP meminta KPU tak menetapkan kedua caleg itu sebagai caleg terpilih. PDIP meminta kursi tersebut dilimpahkan ke caleg dengan suara terbanyak setelah Michael Jeno.

Permintaan pembatalan tersebut tak langsung disetujui oleh KPU. KPU meminta PDIP menyerahkan surat dan bukti pemecatan, pengunduran diri, dan meninggal dunia.

Dokumen tersebut akan lebih dulu dicek untuk kemudian ditindaklanjuti. "Kami minta dokumen-dokumennya diserahkan, selanjutnya kami akan terlebih dulu mengecek sebelum melakukan tindak lanjutnya," kata Arief. (Kompas.com/Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PDI-P Minta KPU Batalkan Keterpilihan Tiga Caleg, Ini Alasannya",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved