Gelar KKBM di Batas RI-RDTL, Politani Kupang Kembangkan Pertanian Berbasis Kearifan lokal

Gelar KKBM di Batas RI-RDTL, Politani Kupang Kembangkan pertanian Berbasis Kearifan lokal

Gelar KKBM di Batas RI-RDTL, Politani Kupang Kembangkan Pertanian Berbasis Kearifan lokal
POS-KUPANG.COM/Dokumentasi Panlak KKBM Politani Kupang.
Suasana KKBM Politani Kupang di Desa Hamusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten TTU. 

Gelar KKBM di Batas RI-RDTL, Politani Kupang Kembangkan pertanian Berbasis Kearifan lokal

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Politeknik Negeri Pertanian ( Politani) Kupang telah menggelar Kemah Kerja Bakti Mahasiswa ( KKBM) di Desa Hamusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten TTU.

Kegiatan dilaksanakan selama empat hari sejak 20--24 Agustus 2019 dan diikuti oleh sebanyak 250 orang dengan pembagian sebanyak 180 mahasiswa, 40 orang pendamping dan 30 orang panitia pelaksana.

Ini Dia Caleg Terpilih DPR RI yang Usianya di Bawah 30 Tahun, Siapa Saja?

Ratusan peserta kegiatan ini melaksanakan kegiatan bersama dengan masyarakat setempat dengan mengangkat tema eksistensi mahasiswa Politani sebagai agen transformasi pertanian berbasis sumber daya lokal di kawasan perbatasan.

Bersama masyarakat yang tinggal tepat di perbatasan RI-RDTL, dilakukan berbagai kedua guna mengembangkan potensi atau kearifan lokal yang ada di desa tersebut berdasarkan jurusan dan program studi yang ada.

Polisi Tangkap 2 Tersangka Pengibar Bendera Bintang Kejora Saat Aksi Demo di Depan Istana Negara

Kegiatan dilakukan oleh 6 Jurusan dan 12 Program Studi (prodi) diantaranya, dari Jurusan Peternakan yang terbagi dalam tiga prodi melakukan kegiatan pengolahan limbah peternakan.

Selanjutnya Prodi Kesehatan Hewan melakukan pengendalian penyakit dan terapi suportif pada ternak dan Prodi Teknologi Pakan Ternak melakukan Pengolahan pakan berbasis berbasis sumber daya lokal

Untuk Jurusan Manajamen Pertanian Lahan Kering (MPLK), dari Prodi Manajemen Pertanian Lahan Kering mengadakan pembuatan pestisida organik. Prodi Manajemen Agribisnis melakukan analisis usaha tani, pemasaran dam kerja sama serta Prodi Penyuluh Pertanian Lahan Kering mengadakan media penyuluhan.

Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH), dari prodi TPH dan TIH mengadakan budidaya tanaman pangan berbasis pekarangan dan Prodi Teknologi Pangan melakukan pengolahan pangan berbasis ikan dan pisang.

Lebih lanjut, Jurusan Kehutanan prodi Manajemen Sumber Daya Hutan dan Prodi Pengolahan Hutan melakukan revitalisasi hutan, sumber air dan rest area di Kampung Manufunu, Desa Hamusu Wini.

Halaman
123
Penulis: Gecio Viana
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved