Direktur Agus Apresiasi Keberanian PT. MSM Investasi Pabrik Gula di Lahan Kering

daerah pengembangan kebun tebu yang baru di kantor PT. MSM di Kelurahan Wanga, Kecamatan Umalulu.

Direktur Agus Apresiasi Keberanian PT. MSM Investasi Pabrik Gula di Lahan Kering
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Lainnya, Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, Dr. Agus Wahyudi bersama tim didampingi Wabup Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali saat mengunjungi pembangunan pabrik gula milik PT. MSM. 

Kunjungi Pembangunan Pabrik Gula, Direktur Agus Apresiasi Keberanian PT. MSM Investasi di Lahan Kering

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU----Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Lainnya, Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, Republik Indonesia, Dr. Agus Wahyudi melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Sumba Timur, Propinsi NTT, Kamis (29/8/2019).

Saat Kunker di Sumba Timur, Direktur Agus bersama tim didampingi wakil bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali, ST.,MT, mengunjungi pembangunan pabrik gula dan kebun tebu milik PT. Muria Sumba Manis (MSM) dan diakhiri diskusi bersama mengenai permasalahan dan solusinya yang biasa di daerah-daerah pengembangan kebun tebu yang baru di kantor PT. MSM di Kelurahan Wanga, Kecamatan Umalulu.

Sebelum mengunjungi pabrik dan perkebunan tebu milik PT. MSM itu, Direktur Agus bersama rombongan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, Wabup Umbu Lili, Dinas Pertanian dan Pangan Sumba Timur, dan managemen PT. MSM, terlebih dahulu mengunjungi demplot perkebunan tebu milik kelompok tani (Poktan) Laipori Indah.

Saat mengunjungi lokasi pembangunan pabrik gula dan kebun tebu milik PT. MSM itu, Direktur Agus, mengapresiasi keberanian PT. MSM yang berani berinvestasi di lahan kering dan bebatuan karang dengan menyulapnya menggunakan teknologi canggih menjadi lahan yang subur untuk ditanami tebu.

Direktur Agus juga mengatakan, PT. MSM diminta untuk memberikan pembelajaran berkelanjutan bagi calon petani tebu, termasuk dengan staf teknis bidang perkebunan pada Dinas Pertanian dan Pangan, Sumba Timur untuk memastikan rencana pengembangan tebu dan produksi gula di Sumba Timur berjalan sukses sesuai target.

Menurut Direktur Agus, menanam tebu agar berhasil sesuai yang diharapkan, tentu membutuhkan empat komponen penting yakni tanah, air, sinar matahari dan orangnya yang meliputi petani tebu, tenaga teknis pada Dinas Pertanian dan Pangan, tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Pemda dan juga pihak managemen perusahaan itu sendiri.

Karena itu, Direktur Agus, menegaskan agar managemen PT. MSM, membagi ilmunya dengan masyarakat sekitar, termasuk dengan staf teknis bidang perkebunan pada Dinas Pertanian dan Pangan.

Sehingga rencana pengembangan lahan perkebunan tebu di Sumba Timur dan Sumba Tengah dengan tujuan demplot seluas 200 hektar bisa tercapai pada tahun 2020 mendatang.

"Kementerian Pertanian rencanakan hingga tahun 2024 mendatang ada 10 pabrik gula baru di Indonesia, dengan rincian ada tiga di Pulau Jawa dan tujuh lainnya di luar Jawa, termasuk dengan PT. MSM ini,"Kata Direktur Agus.

Halaman
123
Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved