Breaking News:

Renungan Harian Kristen Protestan Senin 26 Agustus 2019, 'Adakah Keberanian Membongkar Topeng?'

Renungan Harian Kristen Protestan Senin 26 Agustus 2019, 'Adakah Keberanian Membongkar Topeng?'

Editor: Eflin Rote
istimewa
Pdt DR Mesakh A P Dethan MTh MA 

Renungan Harian Kristen Protesan

Senin, 26 Agustus 2019

Oleh Pendeta Dr Mesakh A.P. Dethan, MTh

--

Adakah Keberanian Membongkar Topeng?

Bangsa Venesia adalah bangsa yang unik dan terkenal dengan pesta  Topengnya.  Salah satunya yang paling terkenal adalah pesta topeng yang diselenggarakan setiap tahun dalam Karnaval Venesia (lihat http://www.panorama-magz.com/newsflash/pesta-topeng-penuh-warna-di-venesia).

Karnaval Venesia yang diikuti oleh ribuan orang dengan kostum-kostum gotik ini selalu digelar pada 40 hari sebelum perayaan Paskah umat Kristen.

Karnaval yang paling populer di dunia ini dikunjungi jutaan turis tiap tahunnya menjadi salah satu agenda acara penting di Italia. Dan biasanya penduduk  Venesia telah mempersiapkan desain topengnya jauh-jauh hari sebelum karnaval berlangsung, dimana dibedakan dua jenis topeng, yakni bauta dan volto.

Bauta adalah jenis topeng  yang hampir menutupi seluruh wajah, namun bagian mulut tidak ditutupi agar si pengguna masih bisa makan dan minum tanpa harus melepas topengnya. Bauta sendiri dipercaya berasal dari kata bahasa Jerman, yakni “behüten” yang berarti “melindungi”, serta kata padanannya dalam bahasa Italia,  “bau” atau “babau” artinyai “monster”.

Kata  ini sering dipakai orangtua untuk menakuti anaknya.  Jika anak nakal dan tidak mau makan maka orang tuanya akan memaksanya makan sambil  mengatakan:  ”Se non stai bravo viene il babau e ti porta via.” (Bila nakal, babau bakal datang dan menculikmu, Nak.)

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved