Berita Pendidikan

Prodi Kimia FST Undana Kupang Bekali Guru SMA se-Kota Kupang dengan Komputasi Molekul 3D

Prodi FST Undana Kupang menggelar workshop bagi para guru Kimia Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kota Kupang.

Prodi Kimia FST Undana Kupang Bekali Guru SMA se-Kota Kupang dengan Komputasi Molekul 3D
Ryan Nong
Workshop FST Undana 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Program Studi Kimia Fakultas Sains Terapan (FST) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang menggelar workshop bagi para guru Kimia Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kota Kupang di Aula LPMP Provinsi NTT, Jumat (23/8/2019) dan Sabtu (23/8/2019).

Workshop tersebut menghadirkan nara sumber nasional, yakni Head of Bioinformatic Department Indonesia Internasional Institute for Life Science (I3L) Jakarta, Dr. rer.nat. Arli Aditya Parikesit.

Selain itu, dalam workshop kimia komputasi berbasis software dan internet yang baru pertama kali digelar di Kota Kupang dan NTT ini juga menghadirkan narasumber dari FST Undana, yakni Reinner I Merrick S.Si, M.Sc, PH.D, dan Fredy Z Saudale, S.Si, M.Sc, Ph.D.

Cegah Stunting Lovamil dan Puskesmas Sikumana Gelar Kelas Ibu Hamil

Workshop from 2D to 3D pemodelan komputasi kimia mengusung tema "Peningkatan Pembelajaran Struktur Molekul Melalui Pemanfaatan Pemodelan Komputasi Berbasis Software dan Internet pada Guru Kimia se-Kota Kupang."

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat (PKM) program studi Kimia FST Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang tahun 2019.

Penanggung jawab kegiatan, Fredy Z Saudale, S.Si, M.Sc, Ph.D, kepada Pos Kupang di sela-sela kegiatan, mengatakan tujuan kegiatan untuk membekali para guru kimia se-Kota Kupang dengan pengetahuan dan kemampuan komputasi agar dapat membuat pelajaran kimia lebih atraktif dan menarik bagi siswa di sekolahnya.

Cara Praktis Keringkan Rambut Basah Tanpa Hair Dryer, Cepat Kering dan Rambut Indah

"Kegiatan pelatihan komputasi kepada guru-guru kimia se- Kota Kupang untuk menolong mereka bagaimana menggunakan komputer (komputasi) agar mereka bisa membuat pelajaran kimia jauh lebih atraktif, intuitif dan menarik bagi siswa," katanya.

Ia mengatakan, selama ini pelajaran kimia dianggap menyulitkan siswa.

"Selama ini pelajaran kimia dianggap menyulitkan siswa dan tidak menarik. Makanya kami menggunakan komputer sebagai media untuk memfisualisasikan struktur kimia itu indah, sangat dinamis, selalu bergerak. Guru guru kita bekali dengan piranti lunak atau software agar mereka bisa pakai dan diintegralkan dengan pelajaran di kelas agar anak anak lebih tertarik," jelasnya.

PKM Peternakan Politani Dampingi Kelompok Tani Sehati, Ini Yang Dilakukan!

Halaman
123
Penulis: Ryan Nong
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved