RSUD TTU Kekurangan Stok Darah

Pihak manajemen Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Kefamenanu, Kabupaten TTU, mengaku mengalami kekurangan stok darah.

RSUD TTU Kekurangan Stok Darah
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Direktur RSUD Kefamenanu, dr. Agustina Tanusaputra 

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Pihak manajemen Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Kefamenanu, Kabupaten TTU, mengaku mengalami kekurangan stok darah.

Hal itu disebabkan karena permintaan darah oleh pasien sangat tinggi, sementara para pendonor yang ingin mendonorkan darahnya sangat terbatas.

Hal itu disampaikan oleh Direktur RSUD Kefamenanu, dr. Agustina Tanusaputra kepada POS-KUPANG.COM di saat ditemui di Kantor Bupati TTU, Rabu (21/8/2019).

Empat Traffic Light di Kota Kupang Tidak Berfungsi Normal, Penjelasan Dinas Perhubungan

Meskipun demikian, kata Agustina, kekurangan stok darah tersebut diatasi dengan meminta bantuan keluarga pasien untuk bisa mendatangkan para pendonor.

Sebab, biasanya pasien yang lebih mengetahui keluarga yang memiliki golongan darah yang sama.

"Kalau stok tidak ada, kami minta keluarga pasien. Karena keluarga yang paling dekat. Pasti darahnya sama. Tapi belum tentu juga darah sesuai karena harus diperiksa lagi," terangnya.

Dinas Pemdes Malaka Selenggarakan Bursa Pertukaran Inovasi Desa Klaster II

Jika pihak keluarga tidak mendapatkan pendonor, ungkap Agustina, biasanya pihak RSUD bersurat ke Kodim atau Polres TTU serta Satgas dalam rangka untuk meminta bantuan kepada anggota untuk mendonorkan darahnya.

"Karena kan kita ada kerja sama dengan mereka sudah lama sekali. Sehingga mereka selalu bersedia mendonorkan darahnya," ujarnya.

Selain itu, ungkap Agustina, pihaknya bersama dengan PMI sering menggelar event di luar dengan melibatkan semua unsur yang ada untuk mencukupi kebutuhan darah.

"Biasanya kalau sudah ada pelayanan, maka stok darah pasti cukup. Tapi kalau belum ada, maka stok pasti agak kesulitan," ungkapnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved