BPBD Sumba Timur Distribusi Air Bersih Bagi Warga Tiga Desa di Kecamatan Haharu

BPBD Sumba Timur Distribusi air bersih bagi warga tiga desa di Kecamatan Haharu

POS-KUPANG.COM/Dok.BPBD Sumtim
Petugas BPBD sedang mendroping air bersih. 

BPBD Sumba Timur Distribusi air bersih bagi warga tiga desa di Kecamatan Haharu

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Pihak pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Sumba Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Sumba Timur mendistribusikan air bersih kepada warga tiga desa di Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur. Ketiga desa itu yakni Desa Mbatapuhu, Wunga, dan Desa Napu.

Pendropingan air bersih itu dipimpin langsung oleh Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD kabupaten Sumba Timur bersama sejumlah staf di BPBD setempat, Selasa (20/8/2019).

Begini Persiapan Lokasi Panen Tambak Garam, Jelang Kedatangan Presiden Jokowi

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Sumba Timur Martina D. Jera, ST, kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (21/8/2019) mengatakan, ketiga desa tersebut masuk dalam lima belas desa di Sumba Timur yang mengalami kesulitan air. Warga pada setiap tahun di saat musim kemarau selalu menderita air bersih, mereka harus menempuh perjalanan jauh untuk memperoleh air bersih.

Martina menjelaskan berdasarkan data yang dikantongi pihaknya ke lima belas desa itu yakni Kecamatan Haharu Desa Napu sebanyak 4 RW/10 RT jumlah kepala keluarga (KK) 37 dengan jumlah jiwa 183, Desa Wunga 4 RW 14 RT KK 32 dengan jumlah jiwa 160, Desa Mbatapuhu 6 RT 13 RW KK 39 dengan jumlah jiwa 196, Desa Persiapan Matawai Pandangu di 4 RT 8 RW KK 19 jumlah jiwa 97. Kecamatan Ngaha Ori Angu, Desa Tanatuku 9 RW 20 RT KK 42 jumlah jiwa 208, Desa Praihambuli 8 RW 16 RT KK 67 jumlah jiwa 333, Desa Praikarang di 8 RW 16 RT KK 42 jumlah jiwa 212, Desa Makamenggit 8 RW 16 RT KK 59 jumlah jiwa 294, Desa Persiapan Mbinudita 6 RT 12 RW KK 23 jumlah jiwa 116.

Rakor Perbatasan: NTT Dorong Pembangunan Perbatasan Berbasis Kabupaten

Selain itu, di Kecamatan Kambera, Kelurahan Prailiu (Padadita) di 11 RW 31 RT KK 22 jumlah jiwa 91, Kelurahan Mauhau (Bukit Persaudaraan) 3 RW 10 RT KK 18 dengan jumlah jiwa 82. Kecamatan Kota Waingapu Desa Pambotanjara di 8 RT 16 RW jumlah KK 83 dengan jumlah jiwa 417.

Kecamatan Kanatang Desa Persiapan Palindi Tana Bara 4 RW 8 RT KK 21 jumlah jiwa 104. Dan di Kecamatan Kambata Mapambuhang yakni Desa Lukuwingir 4 RW 8 RT KK 25 dengan jumlah jiwa 123, dan Desa Persiapan Ngaru Kahiri 4 RW 8 RW KK 18 jumlah jiwa 92 dengan total keseluruhan sebanyak 91 RW 206 RT dengan jumlah 547 KK dan 2.708 jiwa.

Martina mengatakan, warga di lima belas desa ini sangat kesulitan air bersih di musim kemarau karena dampak kekeringan yang melanda. Di saat musim hujan warga tidak kesulitan air bersih, warga dapat memanfaatkan air hujan dan debit mata air yang ada di sungai terdekat.

Terkait dengan kekeringan itu, jelas Martina pemerintah daerah melalui BPBD Kabupaten Sumba Timur memberikan bantuan air bersih. Air bersih itu mulai disalurkan sejak tiga pekan lalu. Dana yang diambil untuk pendropingan air bersih itu bersumber dari dana APBD II Kabupaten melalui program Pencegahan Dini dan Penanggulanan Bencana.

Kata dia, pendropingan air bersih bagi warga masyarakat di lima belas desa tersebut direncanakan akan berlanjut pada setiap pekan hingga memasuki musim hujan tiba.

"Kita sudah droping semua air bersih itu, dan setiap minggu rencana kita akan terus melakukan pendropingan air bersih sampai dengan musim hujan tiba. Warga di lima belas desa itu memang sangat kesulitan air bersih, dan ini setiap tahun selalu mereka alami disetiap kali musim kemarau melanda,"tandas Martina.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumba Timur Simon Petrus juga menbahkan warga di lima belas desa khususnya tiga desa di Kecamatan Haharu itu sangat kesulitan air bersih. Warga harus menempuh perjalanan jauh sekitar 3 sampai belasan kilometer.

Selain menempuh perjalanan jauh, jelas Simon, bagi mereka yang memiliki uang hanya dengan membeli air bersih. Jika musim hujan warga memanfaatkan air hujan dan air di kali-kali terdekat. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved