Ketua LVRI NTT : Pemda Agar Ada Perhatian Ke Veteran

Namun sejak tahun 2017, pemerintah mulai menaikan tunjangan dan dana kehormatan bagi mereka.

Ketua LVRI NTT : Pemda Agar Ada Perhatian Ke Veteran
POS KUPANG/RYAN NONG
Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Nusa Tenggara Timur Mayor TNI (Purn) Stanislaus Dawu 

Ketua LVRI NTT : Pemda Agar Ada Perhatian Ke Veteran

POS-KUPANG.COM | KUPANG – Keberadaan bangsa dan negara tidak bisa dilepaspisahkan dari peran para pejuang termasuk para veteran yang berjuang untuk kedaulatan wilayah NKRI. Berdasarkan data Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) NTT, terdapat sekira 6000an veteran yang saat ini ada dan tersebar di provinsi perbatasan ini. Dari jumlah tersebut, sekira 80% tersebar di Kabupaten Belu dan Malaka.

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Nusa Tenggara Timur Mayor TNI (Purn) Stanislaus Dawu kepada POS-KUPANG.COM pada Kamis (15/8/2019) mengatakan, jumlah tersebut terbanyak adalah para veteran 1975.

“Jadi perlu diketahui bahwa veteran di NTT, secara khusus terbanyak ada di Belu dan Malaka sekitar 6000-an karena mayoritas mereka adalah veteran 1975 atau khusus Veteran Seroja, perjuangan Timur Timor mereka mayoritas ikut dengan pasukan, banyak dari TBO Hansip Pastisan yang mayoritas mereka ada di daerah perbatasan,” ungkapnya.

Kehidupan para veteran, jelas Mayor TNI (Purn) Stanislaus awalnya sangat terbatas. Namun sejak tahun 2017, pemerintah mulai menaikan tunjangan dan dana kehormatan bagi mereka.

“Untuk kehidupan veteran non PNS atau militer, awalnya kehidupan mereka sangat terbatas, tetapi setelah adanya perhatian negara terhadap mereka itu, mereka mendapat tunjangan maupun dana kehormatan,” jelasnya.

Ia menguraikan, dana kehormatan dan tunjangan veteran yang diberikan negara terdiri dari, Rp 1.817.000 untuk PNS dan militer serta Rp 2.718.000 untuk non militer dan non PNS atau masyarakt biasa.

“Jadi PNS dan militer yang dulu 250 ribu per bulan tetapi sejak 2017 pemerintah sudah naikan menjadi Rp 1.817.000, kalau untuk non militer dan PNS atau masyarakt biasa sudah naik menjadi Rp 2.718.000,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dana tersebut juga diberikan kepada ahli waris jika veteran telah meninggal dunia sebesar 50% dari nilai dana tersebut.

Ia mengatakan, dengan adanya dana kehormtana maupun tunjangan veteran tersebut dapat membantu kehidupan mereka termasuk membantu anak anak sekolah sampai kepada kulaiah.

Mewakili para veteran, ia berharap agar kedepan perhatian kepada veteran dapat terus ada karena hal tersebut menjadi semangat dan motivasi bagi para veteran yang telah memperjuangkan dan mempertahankan NKRI.

Ruben Onsu Buatkan Tabungan untuk Anak Angkat Betrand Peto, Sarwendah: Hadia Terindah dari Tuhan

Suami Artis Bella Saphira, Letjend TNI Agus Surya Bakti Dimutasi, Begini Potret Kemesraan Keduanya

Ini Jadwal Semifinal Piala AFF U-18 Tahun 2019, Timnas Indonesia vs Malaysia

“Ke depan suaya pemerintah daerah secara khusus agar ada perhatian ke veteran karena selama ini ada bantuan kepada masyarakat terapi kebanyak veteran belum ada yang disentuh oleh bantuan pemda,” harapnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved