Sisilia Sona : Saya Kapok Kalau Latihan Hanya Menciptakan Pengangguran Baru di NTT

Kata Sisilia Sona : Saya Kapok Kalau Latihan Hanya Menciptakan Pengangguran Baru di NTT

Sisilia Sona : Saya Kapok Kalau Latihan Hanya Menciptakan Pengangguran Baru di NTT
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Pengalungan tanda peserta oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT Dra Sisilia Sona saat pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi UPT. Pelatihan Berbasis Kompetensi tahap IX di Aula UPT BLK Kupang pada Kamis (15/8/2019). 

Kata Sisilia Sona : Saya Kapok Kalau Latihan Hanya Menciptakan Pengangguran Baru di NTT

POS-KUPANG.COM | KUPANG – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur Dra Sisilia Sona menyampaikan harapannya agar para peserta pelatihan berbasis kompetensi tahap IX tahun 2019 di UPT Pelatihan Tenaga Kerja Disnakertrans NTT ( BLK Kupang) dapat memiliki kompetesi unggul sehingga mampu terserap dalam dunia kerja maupun mandiri sebagai wiraswasta usai menyelesaikan paket pelatihan.

Di hadapan ratusan peserta pelatihan peningkatan kompetensi, Sisilia meminta komimen dari para peserta dan pendamping agar mampu melaksanakan pelatihan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kompetensi sebagi tenaga kerja yang unggul.

Tiga Jam Pertemuan Tertutup Ahok BTP, Viktor Laiskodat dan Josef Nae Soi, Apa yang Dibahas?

“Kita kadang tidak miliki sebuah kompetensi khusus , jadi saya punya harapan besar kepada peserta yang hadir untuk ikut kegiatan dengan baik,” pintanya saat membuka kegiatan di Aula BLK Kupang di Jalan Thamrin Oepoi pada Kamis (15/8/2019).

Ia menjelaskan bahwa pelatihan yang dilaksanakan adalah bagian dari tujuan pemerintah untuk memberi kesempatan kepada putera Puteri NTT agar bisa dan memiliki kompetensi unggul sehigga dapat menjadi tenaga kerja yang handal dan diserap oleh pasar tenaga kerja.

BREAKING NEWS: Tim Patroli Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Pakaian Bekas 1.200 Karung

Pelatihan ini, katanya, harus mampu membuat pesertanya diserap di pasar kerja local maupun nasional.
“Alumni BLK nganggur lagi? Saya minta harus pastikan ke saya 90 persen terserap atau mampu mandiri. Jadi pada Oktober atau November nanti kami pastikan seperti apa,” ujarnya.

Peserta, lanjutnya, harus memiliki target untuk berlatih dan menyerap ilmu dengan baik sehingga kelak berguna dalam implemenasi kerja di dunia kerja.

“Saya kapok kalau latihan hanya menciptakan penganggur baru. Ini buang buang uang negara tidak sedikit, jadi saya harap harus ada output dari biaya yang sudah dikeluarkan ini,” tegas Sisilia.

Ia menyampaikan bahwa, terkait modal, pihaknya akan memfasilitasi paket kredit mikro dengan Bank NTT jika para peserta pelatihan ingin melakukan usaha mandiri. Namun ia juga mengingatkan bahwa hal tersebut dapat dilakukan jika peserta mampu menyediakan tempat usaha.

Pelatihan Berbasis Kompetensi tahap IX tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dra Sisilia Sona di Aula BLK Kupang pada Kamis (15/8/2019).

Pelatihan kompetensi yang dilaksanakan selama sebulan tersebut, diikuti sebanyak 176 untuk 11 paket pelatihan. Peserta berasal dari Kota Kupang, Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Sikka. Selain itu ada peserta yang berasal dari Kelurahan Manulai Kota Kupang, Lapas Anak Kupang serta BLKN Citra Bina Tenaga Mandiri dan BLKN Gasindo. .

Dalam acara Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi UPT. Pelatihan Berbasis Kompetensi tahap IX ini, Kadis Nakertaras Didampingi oleh Kepala UPT BLK Kupang Rr. Sulistyo Ambarsari dan Kepala Seksi Pelatihan Jeremias Ata SH.

Pembukaan ditandai dengan pengalungan tanda peserta oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT bersama Kepala UPT Pelatihan Tenaga Kerja Kupang dan ketua panitia. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved