Penerapan Gerdal, Petugas Semprot Hama Kedelai Di Watu Manggar Pacar

-Berkaitan dengan penerapan Gerakan Pengendalian (Gerdal) Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), petugas dari Dinas

Penerapan Gerdal, Petugas Semprot Hama Kedelai Di Watu Manggar Pacar
Pos Kupang.com/Servan Mamilianus
Petugas sedang menyemprot tanaman kedelai di Watu Manggar, Macang Pacar, Mabar. POS KUPANG/ISTIMEWA. Foto dari¬†Koordinator Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan-Pengamat Hama penyakit (POPT-PHP) Mabar Vitalis Anselmus Syukur, SP 

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO--Berkaitan dengan penerapan Gerakan Pengendalian (Gerdal) Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), petugas dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan melakukan penyemprotan tanaman kedelai di Desa Watu Manggar, Kecamatan Macang Pacar.

"Kami telah melakukan penyemprotan hama ulat grayak komoditas kedelai di kelompok tani Persalon Desa Watu Manggar, Kecamatan Macang Pacar," kata 

Koordinator Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan-Pengamat Hama Penyakit (POPT-PHP) Mabar, Vitalis Anselmus Syukur, SP kepada POS--KUPANG.COM, Senin (12/8/2019).

Disampaikannya, kegiatan itu juga dihadiri oleh Camat Macang Pacar, Koramil  dan anggota Babinsa 1612-08 Bari, Kepala Desa, BPP Macang Pacar, anggota kelompok tani, perwakilan UPT, proteksi tanaman pangan Provinsi NTT dan petugas POPT-PHP Mabar.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk mengatasi serangan hama penyakit tanaman padi sawah, petugas melakukan penyemprotan massal pada lahan yang ada di Kecamatan Lembor dan Kecamatan Sanonggoang, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar). 

Petugas tersebut dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Mabar, yaitu petugas Pengamat Hama Penyakit (PHP), penyuluh dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Lembor serta dari Koramil 1612-06 Lembor dan UPT.

"Melalui kegiatan Gerdal yakni Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan atau OPT, kami melakukan penyemprotan massal di Kecamatan Lembor dan Sanonggoang," kata Koordinator Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan-Pengamat Hama penyakit (POPT-PHP) Mabar Vitalis Anselmus Syukur, SP kepada POS--KUPANG.COM, Senin (12/8/2019).

Performa Persib Bandung Menurun, Bobotoh Desak Manajemen Cari Pemain Baru di Bursa Transfer

Lokasi penyemprotan yaitu di hamparan sawah Kelompok Tani Tekad Makmur A Desa Siru Lembor dan hamparan sawah Limbung, Kelompok Tani Sukun Jaya Desa Poco Golo Kempo, Sanonggoang.

Dijelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar laporan tentang keluhan dan aduan kelompok tani  yang ditindaklanjuti petugas PHP Kecamatan Lembor serta hasil monitoring hama penyakit oleh Koordinator POPT-PHP Mabar.

"Penyemprotan massal dilakukan agar penyebaran hama dan penyakit tidak semakin luas," kata Vitalis.(LAPORAN REPORTER POS--KUPANG.COM, SERVATINUS MAMMILIANUS).

 

 
 

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved