Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Undana Kupang melaksanakan Program Kemitraan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Undana Kupang melaksanakan Program Kemitraan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Undana Kupang melaksanakan Program Kemitraan
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh Undana di Desa Manulai I, Kecamatan Kupang Barat, kabupaten Kupang pada Jumat (9/8/2019). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ( LP2M) Undana Kupang mengadakan kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Air Kelapa menjadi Kecap Bagi ibu-ibu PKK dan Kader Posyandu Desa Manulai I, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

Kegiatan yang merupakan program kemitraan masyarakat ini dilaksanakan selama dua hari yakni pada Kamis dan Jumat (8-9/8/2019).

Ketua pelaksana Drs. Theo da Cunha. M.Si didampingi Drs. Jefry Amalo, M.Pd sekaligus keduanya sebagai narasumber dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini adalah salah satu bentuk Tridharma Dosen, yang wajib dilakukan minimal 1 kali dalam setahun.

Kaum Milenial Diajak Manfaatkan Program BP2BT, Siapkan Masa Depan Lebih Dini

Selain itu tujuan dari kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan dalam pemanfaatan limbah, utamanya limbah air kelapa. Bahan baku yg digunakan sangat sederhana dan mudah diperoleh di sekitar tempat pelatihan.

Pelatihan ini dihadiri oleh 40 peserta serta anggota PKK dan Kader Posyandu dan juga melibatkan mahasiswa.

Kodim 1618 TTU Tanam Jagung di Insana Barat, Ini Tujuannya

Pada pelatihan ini para peserta langsung mempraktekan cara membuat kecap dari air kelapa. Penggunaan air kelapa sebagai bahan dasar dilakukan karena selama ini bahan tersebut menjadi limbah yg kurang diperhatikan dan banyak terbuang setelah dagingnya digunakan.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk pemberdayaan bagi ibu ibu PKK dan Kader posyandu yang ada di desa Manulai I.

Kepala desa dalam sambutan penutupannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Undana yang memilih desa Manulai I sebagai lokasi kegiatan penelitian dan pengabdian.

Kepala Desa juga meminta kerja sama yang telah dibangun lebih ditingkatkan utamanya dalam bidang keterampilan seperti pelatihan sejenis (home industri) dan sasarannya adalah pemuda /karang taruna desa manulai I. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved