Kisah Pejuang Flores Terang PLN UIW NTT Bekerja Tingkatkan Rasio Desa Berlistrik di Pulau Flores

penting mengingat Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu propinsi yang desanya banyak belum menikmati layanan listrik dari PLN.

Kisah Pejuang Flores Terang PLN UIW NTT  Bekerja Tingkatkan Rasio Desa Berlistrik di Pulau Flores
Kompas.com
ILUSTRI LISTRIK 

Kisah Pejuang Flores Terang PLN UIW NTT  Bekerja Tingkatkan Rasio Desa Berlistrik di Pulau Flores

POS-KUPANG. COM | RUTENG -- Mengingat Masih banyak desa-desa belum berlistrik, pada Oktober 2018, resmi beroperasinya PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UPPK FLORES).

Sebuah unit baru yang berkantor di Ruteng, Manggarai-NTT ini ditugaskan memberikan pelayanan kelistrikan sampai ke pelosok dari ujung timur hingga ujung barat pulau Flores dan kepulauannya.

Pembentukan unit baru ini terbilang penting mengingat Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu propinsi yang desanya banyak belum menikmati layanan listrik dari PLN.

Memiliki wilayah kerja yang luas yakni dari Ujung timur hingga ujung barat pulau Flores, PLN UP2K Flores yang memilik Motto “Kerja Nyata Terangi Negeri, TUNTASKAN” ini memiliki dedikasi dan semangat yang tinggi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Bukan tentang pencapaian angka kinerja organisasi dan bukan juga berapa yang didapatkan tapi dibalik semua itu terdapat sebuah tujuan mulia. Menerangi Desa Untuk Senyum Benderang Masyarakat Pedesaan.

Manajer UP2K (Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan) Flores, Simi E Lapebesi menyampaikan melistriki desa-desa di Pulau Flores tentunya memiliki tantangan dan kisah tersendiri.

Selain letak geografis, tantangan lainnya adalah akses ke lokasi yang sulit, karena lemahnya infrastruktur jalan maupun jembatan.

"Belum lagi ketiadaan sinyal komunikasi dan cuaca yang buruk seringkali menghambat akses ke desa-desa tersebut, namun tidak mematahkan semangat kami untuk memberi cahaya di rumah warga Flores yang merindukan listrik,” ungkap Simi.

Memiliki tanggung jawab besar pada saat dibentuk, UP2K Flores diharuskan menyelesaikan sisa pekerjaan luncuran listrik pedesaan tahun 2017.

Halaman
12
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved