Buang Sampah di Wilayah Penfui Timur Dikenakan Denda Rp 500.000

Uang itu kemudian diberikan 50 persen kepada yang menangkap pembuang sampah dan 50 persen ke kas desa.

Buang Sampah di Wilayah Penfui Timur Dikenakan Denda Rp 500.000
POS KUPANG/EDY HAYONG
Wabup Kupang, Jerry Manafe ketika memantau langsung sampah yang bertebaran di jalan kawasan Bukit Cinta, Desa Penfui Timur, Senin (5/8/2019) 

Buang Sampah di Wilayah Penfui Timur Dikenakan Denda Rp 500.000

POS-KUPANG.COM I PENFUI--Ini peringatan buat warga darimanapun yang memiliki kebiasaan membuang sampah sembarangan. Untuk menjaga wilayah Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, dari masalah sampah, maka dalam waktu dekat akan dikeluarkan Peraturan Kepala Desa yang mengatur denda Rp 500.000 bila kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya.

Kepala Desa Penfui Timur, Ekleopas Nome menyampaikan hal ini dalam dialog bersama antara warga Penfui Timur dengan Wabup Kupang, Jerry Manafe di kawasan Bukit Cinta, Jumat (9/8/2019).

Ekleopas Nome menjelaskan, persoalan sampah khusus di jalur jalan ke arah Bukit Cinta hingga Penghijauan, menjadi pemandangan rutin setiap hari. Ketika sudah dibersihkan, pada pagi hari berikutnya akan terlihat kembali tumpukan sampah berbagai jenis.

"Kami berterima kasih kepada Pak Wabup yang hadir berdialog langsung dengan warga yang tinggal di sekitar kawasan Bukit Cinta. Sesuai arahan wabup bahwa kita keluarkan aturan kepala desa, maka kami sudah konsepkan. Saya pastikan sebelum September sudah ada dan apabila belum ada maka warga silahkan keluarkan mosi tidak percaya kepada kepala desa," kata Ekleopas.

Dikatakannya, dalam peraturan kepala desa itu diatur denda bagi oknum yang membuang sampah sembarang dikenakan denda Rp 500.000. Uang itu kemudian diberikan 50 persen kepada yang menangkap pembuang sampah dan 50 persen ke kas desa.

Wabup Kupang, Jerry Manafe mengapresiasi positif terhadap langkah yang diambil kepala desa bersama warga Penfui Timur. Aturan itu segera dikeluarkan agar dijadikan rujukan bagi siapapun yang akan menangkap oknum pembuang sampah.

"Pokoknya siapa saja yang buang sampah tidak pada tempatnya di wilayah Penfui Timur akan kena denda Rp 500.000. Ini aturan yang disepakati bersama warga," kata Jerry.

Wabup Jerry juga menyambut gembira atas insiatif warga setempat yang rela mengumpulkan iuran untuk angkut sampah. Warga menyiapkan satu buah sepeda motor sampah yang akan mengangkut sampah dari rumah ke rumah dan membuang di tempat pembuangan sementara.

"Saya kira ini terobosan pertama di Kabupaten Kupang yang dilakukan Desa Penfui Timur. Nanti kita lihat perkembangannya, jika jalan bagus maka kita bisa adakan tambah bisa dengan menggunakan dana desa," ujar mantan anggota DPRD Kabupaten Kupang ini.

Halaman
12
Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved