Sesuai Keputusan LAM PTKes 28 Juli 2019

Strata Sarjana Gizi Stikes Nusantara Kupang Raih Akreditasi B

Pordi Gizi S1 di Stikes Nusantara, Kupang terakreditasi. Stikes Nusantara mendapatkan nilai 309 dari tim akreditasi.

Strata Sarjana Gizi Stikes Nusantara Kupang Raih Akreditasi B
DOK
Rudizon Doko Patty

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Penantian sepuluh tahun manajaen Yayasan Kunci Ilmu sebagai penyelenggara Stikes Nusantara membuahkan hasil manis. Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes) Indonesia akhirnya mengeluarkan keputusan terkait status Program Studi Sarjana Gizi pada Stikes Nusantara Kupang.

Keputusan ini diambil dalam rapat pleno majelis akreditasi LAM PTKes dengan nomor 007/LAM-PTKes/BAAk/VII/ tanggal 28 Juli 2019. Keputusan ini ditandatangani Ketua Umum LAM-PTKes, Prof. dr. Usman Chatib Warsa, Sp. MK. Ph.D di Jakarta.

Disebutkan bahwa Pordi Gizi S1 di Stikes Nusantara, Kupang terakreditasi. Stikes Nusantara mendapatkan nilai 309 dari tim akreditasi. Peringkat yang diperoleh, yakni B (baik). Dalam keputusan itu, disebutkan bahwa status, nilai dan peringkat akreditasi dalam keputusan ini berlaku selama lima tahun, terhitung mulai dari tanggal ditetapkan.

"Dengan dikeluarkannya surat keputusan ini, maka status nilai dan peringkat akreditasi terdahulu dinyatakan tidak berlaku," demikian bunyi putusan tersebut.

Ketua Yayasan Kunci Ilmu, Rudizon Budiman Doko Patty, SE, M.Kes, yang dihubungi, Rabu (7/8/2019), mengakui adanya keputusan ini. Rudizon mengaku sangat terharu karena apa yang diperjuangan semua civitas akademika Stikes Nusantara, membuahkan hasil manis.

"Keputusan ini merupakan sebuah pengakuan atas kerja keras yang selama ini kami lakukan. Jadi bukan duduk dan diam, lalu minta agar diberi akreditasi dengan nilai yang bagus. Hal ini juga sudah dikatakan tim akreditasi saat melakukan visitasi di Stikes Nusantara," tegas Rudizon.

Rudizon mengatakan, dengan adanya keputusan ini, maka semua mahasiswa asal NTT tidak perlu lagi ke luar daerah untuk mendapatkan gelar sarjana gizi. "Ini menjadi satu-satunya yang ada di NTT. Jadi calon mahasiswa tidak lagi buang biaya untuk ke luar daerah. Akreditasinya sudah jelas dan diakui oleh negara," tegasnya.

Sebelumnya, dalam visitasi, tim akreditasi, Prof Dr. Veni Hadju, M.Sc, Ph.D dan Dr. Nurul Muslihah, SP, M.Kes mengatakan kagum dengan apa yang dipersiapkan oleh manajemen Stikes Nusantara untuk mendapatkan akreditasi. Veni Hadju berharap, apa yang sudah dicapai saat ini ditingkatkan lagi.

"Kami lihat ada komitmen yang kuat dari pimpinan di sini untuk meningkatkan SDM pengajar dengan sekolahan ke S3, menambah fasilitas perkuliahan dan lainnya. Mudah-mudahan ke depan Stikes Nusantara makin berkembang dan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia," tegas Veni. **

Penulis: Sipri Seko
Editor: Sipri Seko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved