Yayasan Ini Sukses Sediakan Sarana Air Bersih Bagi Warga Tillo TTS

saat ini di Tillo telah tersedia sarana aor bersih yang dapat dimanfaatkan warga setempat.

Yayasan Ini Sukses Sediakan Sarana Air Bersih Bagi Warga Tillo TTS
nonstophealth
air minum 

Yayasan Ini Sukses Sediakan Sarana Air Bersih Bagi Warga Tillo TTS

POS-KUPANG.COM|KUPANG -- Yayasan Pelita Kehidupan Masyarakat (YPKM) melakukan pendampingan dan pemberdayaan maayarakat di Dusun Tillo B, Desa Pusu, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Pendampingan ini sempat menghasilkan pembangunan sarana air bersih di wilayah setempat.

Ketua YPKM , Mathias J Rupidara,S.Pd, MA menyampaikan hal ini kepada POS-KUPANG.COM, Minggu (4/8/2019).
Menurut Mathias, pendampingan dan pemberdayaan yang dilakukan oleh YPKM itu mulai sejak tahun 2014 diawali dengan Kesehatan Masyarakat, seperti Seminar Visi, Seminar Kesadaran, dengan materi-materi seperti bantuan WC ,pengembangan, arti kesehatan yang baik dan pelatihan lainya.

"Melalui Pelatihan dan pemberian materi-materi tersebut maka masyarakat di dusun Tillo mengambil keputusan untuk menerima YPKM untuk melanjutkan pendampingan kepada kami sehingga melalui pendampingan tersebut maka kami memilih panitia/tim yang di beri nama “Monit Feu”atau Hidup Baru," kata Sandy sapaan Mathias Rupidara.

Dijelaskan, tim yang telah di pilih selanjutnya di latih oleh YPKM dan menjalankan tugas bersama untuk mengenali masalah secara umum dan mendefinisikan masalah ada di wilayah Disun Tillo.

"Tim ini juga menemukan bukti-bukti dari permasalahan, mencari penyebab munculnya masalah, pertimbangkan kemungkinan-kemungkinan untuk menemukan jalan keluar dari masalah. Salah satu masalah yang dihadapi masyarakat sesuai temuan tim adalah kesulitan air bersih," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, dari hasil pendampingan ,Tim Monit Feu menemukan bahwa sumber persoalan adalah tidak tersedianya sumber air bersih yang dekat dengan masyarakat atau pemukiman.

"Kondisi ini memicu munculnya persoalan lain seperti minimnya MCK yang tersedia di lingkungan, lahan terbuka yang belum bisa di kelola, penyakit kulit, dan hal lain yang muncul.

Tahap pertama yang di lakukan adalah sebagai langkah persiapan untuk mengerjakan sebuah terobosan yang lebih besar adalah dengan mengadakan rekonsiliasi di antara masyarakat yang memiliki konflik sosial," katanya.

Dikatakan, langkah lain yang di lakukan setelah terjadi rekonsiliasi adalah memanfaatkan lahan di setiap rumah untuk membuat dapur hijau, yang di kerjakan pada musim hujan di bulan desember tahun 2016.

Gubernur NTT, Viktor Laskodat didampingi Bupati TTS, Egusem Piether Tahun sedangkan meresmikan  proyek PKM Monit Feu Sarana Air Bersih di dusun tilo, Desa Pusu
Gubernur NTT, Viktor Laskodat didampingi Bupati TTS, Egusem Piether Tahun sedangkan meresmikan proyek PKM Monit Feu Sarana Air Bersih di dusun tilo, Desa Pusu (POS-KUPANG.COM/ DION KOTA)
Halaman
12
Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved