Anda Berada di Dalam MRT Saat Gempa? Jangan Khawatir, Ini Panduannya

Anda berada di dalam MRT saat terjadi gempa? Jangan khawatir, ini panduannya

Anda Berada di Dalam MRT Saat Gempa? Jangan Khawatir, Ini Panduannya
KOMPAS.com/Stephane_Jaquemet
Ilustrasi MRT Singapura 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Anda berada di dalam MRT saat terjadi gempa? Jangan khawatir, ini panduannya. PT MRT menyiapkan sejumlah panduan standar untuk menghadapi keadaan Gempa Bumi ketika berada di dalam kereta MRT.

Hal itu dilakukan untuk menjaga keamanan penumpang yang ada di dalam MRT mengingat adanya gempa yang mengguncang Jakarta, Jumat (2/8/2019) kemarin.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin mengatakan, hal pertama yang harus dilakuka penumpang saat gempa adalah berlindung di tempat aman sampai guncangan berhenti.

Kematian Aurellia Qurratuaini Anggota Paskibraka Tangsel Mulai Terungkap, Berikut Pengakuan PPI

"Nah, apabila penumpang yang berada di kereta, diimbau untuk berpegangan pada handrail sampai guncangan berhenti," ujar Kamaluddin melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (3/8/2019).

Kemudian, lanjut Kamal, pihaknya akan menghentikan kereta hingga guncangan berhenti. Tidak lupa pula untuk memberi pengumuman kepada penumpang apabila ada gempa bumi.

Kecelakaan Sepeda Motor di Atambua, Empat Orang Luka-Luka, Ini Nama Korbannya

"Setelah guncangan berhenti penumpang yang berada di Stasiun MRT Jakarta harap mengikuti arahan petugas di stasiun untuk menuju titik berkumpul di luar stasiun," ujarnya.

Sementara, bagi penumpang yang berada di kereta diimbau untuk tenang dan tetap berada di dalam kereta.

Ia juga memastikan setelah guncangan selesai, kereta akan kembali melanjutkan perjalanannya. "Setelah guncangan berhenti, memastikan kereta akan melanjutkan perjalanan dengan kecepatan lebih rendah ke stasiun berikutnya," tuturnya. (Kompas.com/Cynthia Lova)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Panduan Hadapi Gempa ketika Berada di Dalam MRT ",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved