Simak YUK, Basarnas dan Potensi Adakan Latihan Colapsed Structure SAR di Kupang 

Badan SAR Nasional (Basarnas) melalui Kantor SAR Kupang menyelenggarakan pelatihan simulasi Colapsed Structure SAR di Kupang pada Ju

Simak YUK, Basarnas dan Potensi Adakan Latihan Colapsed Structure SAR di Kupang 
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Suasana penyelamatan korban gempa bumi oleh tim SAR dan potensi saat pelatihan simulasi Colapsed Structure SAR di Kupang pada Jumat (2/8/2019). 

 Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Badan SAR Nasional (Basarnas) melalui Kantor SAR Kupang menyelenggarakan pelatihan simulasi Colapsed Structure SAR di Kupang pada Jumat (2/8/2019). 

Latihan yang dimulai pada pukul 13.30 Wita itu melibatkan tim dan seluruh potensi SAR yang terdiri dari kepolisian, TNI, Pemda, NGO serta Pramuka sebanyak 60 orang.

Pada awal latihan, para peserta melakukan gladi terkait peran dan fungsi masing masing bagian dalam tim penyelamatan dan pertolongan di lokasi simulasi yang berada di belakang Kantor SAR Kupang. 

Peserta pelatihan menjalankan skenario penyelamatan korban gempa bumi yang terjebak dalam bangunan yang runtuh. Tim terbagi ke dalam beberapa fungsi seperti fungsi intel, fungsi administrasi, fungsi penyelamatan serta fungsi kesehatan. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kupang Emi Freezer SE kepada POS-KUPANG.COM mengatakan pelatihan Colapsed Structure SAR merupakan bagian dari rangkaian pelatihan dasar bagi potensi SAR yang dilaksanakan selama lima hari sejak Senin (29/7/2019). 

Pelatihan simulasi Colapsed Structure SAR dijelaskannya merupakan pelatihan pertolongan dan penyelamatan korban pada bangunan yang runtuh. 

Tim Pangeran Biru Waspadai Best Young Player of the Week, Barito Putera Bentrok Persib Bandung

Ia mengatakan dengan pelatihan ini, diharapkan tim SAR dan seluruh potensi SAR memiliki standar dan visi yang sama dalam operasi pencarian dan penyelamatan khususnya kepada korban saat terjadi kecelakaan pada bangunan yang runtuh. 

"Pelatihan ini dimaksudkan supaya semua potensi memiliki kemampuan dan standar yang sama dalam pelaksanaan operasi," katanya. 

Pasalnya, meskipun saat ini Kantor SAR Kupang sudah masuk kategori sebagai Kantor SAR Kelas A namun jumlah personel masih belum sesuai dengan standar ideal.

"Jumlah personel kita hanya 64 yang exciting dari ideal sebesar 300an personel. Jadi pelatihan ini jadi bagian penguatan kapasitas personel termasuk dengan melibatkan potensi," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Sumber Daya Kantor SAR Kupang M Arif Anwar menambahkan bahwa pada pada tahun ini dilakukan pelatihan bagi 60 orang potensi SAR. Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan kemampuan dan peran dari potensi SAR untuk terlibat dalam operasi pencarian dan pertolongan. 

Saat ini, jelas M Arif, berdasarkan data base Kantor SAR Kupang, jumlah potensi SAR Kupang yang memiliki sertifikat kompetensi sebanyak 259 orang. Ia berharap dengan pelatihan ini, potensi SAR dapat mendukung pelaksanaan tugas dan operasi. (*)

Tags
Basarnas
Penulis: Ryan Nong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved