Ada 12 Program Prioritas RPJMD Kabupaten Ende 2019-2024, Ada Ende Pintar dan Ende Juara

Pemda Ende menggelar acara Musrembang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Ini 12 program prioritas dalam RPJMD tersebut

Ada 12 Program Prioritas RPJMD Kabupaten Ende 2019-2024, Ada Ende Pintar dan Ende Juara
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Para Peserta Musrembang RPJMD Kabupaten Ende Sedang Mengikuti Kegiatan, Rabu (31/7/2019). 

Ada 12 Program Prioritas RPJMD Kabupaten Ende 2019-2024, Ada Ende Pintar dan Ende Juara

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE- Pemda Ende menggelar acara Musrembang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rabu (31/7/2019) di Aula Lantai 2 Kantor Bupati Ende. Ada 12 program prioritas Kabupaten ada dalam RPJMD 2019-2024.

Wakil Bupati Ende, Drs Djafar Achmad saat membuka kegiatan mengatakan ada 12 program prioritas pembangunan daerah dalam upaya pencapaian visi-misi pembangunan daerah tersebut, antara lain;  program Ende Pintar, Ende juara dan Ende berbudaya.

Program ini dimaksudkan untuk mempersiapkan generasi muda kabupaten ende yang unggul di masa depan, dengan melakukan pembinaan sejak usia dini hingga pendidikan dasar, melalui penyediaan biaya operasional, sarana dan prasarana pendukung belajar-mengajar, peningkatan kapasitas tenaga pendidik dan kependidikan, peningkatan kesejahteraan guru, peningkatan literasi, pembinaan minat dan bakat di bidang olahraga, seni dan budaya, serta upaya pelestarian terhadap budaya lokal.

Dengan demikian ke depan diharapkan akan menghasilkan generasi muda Kabupaten Ende yang berprestasi di semua bidang dan berperilaku beradab sesuai adat dan budaya setempat.

Selain itu ada program Ende Sehat. Program ini juga dimaksudkan untuk mempersiapkan generasi muda Kabupaten Ende yang unggul di masa depan, dengan menyediakan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh masyarakat kabupaten ende, serta upaya-upaya untuk mengatasi permasalahan stunting dan pengendalian penduduk. Dengan demikian ke depan akan menghasilkan generasi muda kabupaten ende yang sehat dan kokoh dalam menghadapi tantangan jaman.

Butuh Anggaran Rp 11 M untuk Perbaiki Jalan Dalam Kota Ende

Pogram pengembangan pariwisata. Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi-potensi pariwisata kabupaten ende sebagai penggerak utama ekonomi daerah (prime mover), dalam upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten ende serta meningkatkan lama hari tinggal dari para wisatawan tersebut, melalui penataan dan penyediaan sarana dan prasarana pendukung obyek dan daya tarik wisata potensial yang sudah ada maupun yang akan dikembangkan, serta penyelenggaraan even-even pariwisata berskala nasional dan internasional.

Selain itu program pengembangan sektor unggulan dan potensial. Program ini dimaksudkan untuk mengembangkan potensi usaha kecil dan menengah yang merupakan usaha ekonomi masyarakat Kabupaten Ende, melalui wadah koperasi dan fungsi bumdes sebagai pengerak utama ekonomi masyarakat desa serta pengembangan pasar sebagai pusat pemasaran produk usaha kecil, mikro dan menengah yang digeluti oleh masyarakat.

Desa Koanara, Kabupaten Ende Layak Jadi Distinasi Wisata Baru

Wabup Djafar juga mengungkapkan ada program pengembangan investasi. Program ini bertujuan untuk mempermudah proses berinvestasi di Kabupaten Ende bagi para pemilik modal melalui promosi potensi unggulan daerah dan kemudahan dalam perijinan.

Juga program pengembangan sektor dominan dan program penurunan angka pengangguran serta program pengendalian inflasi daerah dan program pengembangan infrastruktur dasar dan ekonomi serta program pengembangan infrastruktur perdesaan dan program reformasi untuk peningkatan pelayanan publik program penanganan masalah sosial,ujar Wabup Djafar.(*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved