Ini Nama 15 Jemaah Calon Haji asal Manggarai Timur yang Dilepas Bupati Agas

Ini Nama 15 Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Manggarai Timur yang Dilepas Bupati Agas

Ini Nama 15 Jemaah Calon Haji asal Manggarai Timur yang Dilepas Bupati Agas
POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Bupati Matim, Agas Andreas, S.H, M.Hum. 

Ini Nama 15 Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Manggarai Timur yang Dilepas Bupati Agas

POS-KUPANG.COM | BORONG - Bupati Manggarai Timur (Matim), Agas Andreas, S.H, M.Hum melepas 15 calon jamaah haji asal Kabupaten Manggarai Timur (Matim), di ruang rapat Bupati lantai dua, Rabu (24/7/2019) pagi.

Bupati Agas kepada POS-KUPANG.COM di Borong, Sabtu (27/7/2019) sore menjelaskan, ibadah haji ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat islam yang mampu menunaikan ibadah ini.

Road Race El Tari Dirgantara 2019, Meningkat Animo Pebalap Cilik di Kelas Mini-GP

Bupati Agas mengungkapkan, ada tiga kategori yang dimiliki yakni, adaa yang mampu dan mau, ada yang mampu tetapi tidak mau dan ada yang mau tetapi tidak mampu. Untuk itu dari kelima belas calon haji ini masuk dalam kategori yang ketiga.

"Meski tidak mampu tetapi mau tekat ini yang membuat bapa ibu bisa menunaikan ibadah haji. Banyak orang yang mampu tetapi mereka tidak mau menunaikan ibadah haji. Dengan tekat dan kemauan yang tinggi pasti mampu dan mau untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah. Saya menilai ke limaBelas calon haji ini masuk dalam kategori ketiga meskipun tidak mampu tetapi punya tekad yang besar untuk mau menunaikan ibadah haji",ungkapnya.

Laiskodat: HUT Koperasi Jadi Momentum Gerakan Ekonomi Kerakyatan di NTT

Bupati Agas menuturkab, Pemerintah Kabupaten Matim melaksanakan acara pelepasan bagi lima belas orang saudara-saudari untuk menunaikan Ibadah Haji ke Tanah Suci Mekkah. Ibadah Haji merupakan Rukun Islam ke lima yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat Islam yang mampu menunaikannya.

Penyelenggaraan Ibadah Haji, jelasnya, telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, dimana tugas dan kewajiban pemerintah adalah melakukan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan dengan menyediakan layanan administrasi, bimbingan ibadah haji, akomodasi, pelayanan kesehatan, keamanan dan hal-hal lain yang diperlukan oleh jamaah calon Haji.

"Tentu menjadi harapan kita bersama, mudah-mudahan melalui kepanitiaan di tingkat Kabupaten, ke lima belas saudara-saudari kita yang akan menunaikan Ibadah Haji ke Tanah Suci telah melewati semua proses serta persiapan-persiapan yang diperlukan", ungkap Bupati Agas

Dijelaskannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Matim pada prinsipnya turut berbahagia sekaligus mendukung kepergian saudara-saudari untuk menunaikan Ibadah Haji ke Tanah Suci.

Dikatakannya, berhubung kepergian saudara-saudari ke Mekkah merupakan perjalanan suci dan melelahkan serta meninggalkan keluarga, daerah dan negara maka pemerintqh titipkan beberapa hal yakni pertama, jagalah kondisi fisik maupun mental.

Kedua, diharapkan tidak terlalu banyak membawa barang bawaan maupun uang kontan. Ketiga, tambah Agas, tetap jaga kekompakan dan kebersamaan selama dalam perjalanan, baik saat pergi maupun pada saat kembali nanti dari tanah suci.

Keempat, hendaknya mengikuti semua prosedur, aturan-aturan perjalanan yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara lbadah Haji baik Daerah maupun Tingkat Pusat. Dan, kelima, patuhi norma dan kebiasaan di daerah tujuan.

Bupati Agas menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada panitia penyelenggara kabupaten beserta semua pihak yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Ini daftar nama dan asal ke lima belas jema'ah haji Manggarai Timur

1. Halim Konda Asal, Kecamatan Borong
2. Miswati Ibrahim Asal, Kecamatan Borong
3. Nur Intan Asal, Kecamatan Borong
4. Ismail Sander Asal, Kecamatan Borong
5. Siti Hadija Asal, Kecamatan Sambi Rampas
6. Siti A. Ibrahim Asal, kecamatan Sambi Rampas
7. Ahmad Ibrahim Asal, Kecamatan Sambi Rampas
8. Abdul Handu Asal, Kecamatan Sambi Rampas
9. Ibrahim Rendo Asal, Kecamatan Borong
10. Siti Maryam Asal, Kecamatan Lamba Leda
11. Siti F. DG. Tonji Asal, Kecamatan Sambi Rampas
12. Nurdin Hlim Asal, Kecamatan Sambi Rampas
13. Mustafa Tamping Asal, Kecamatan Sambi Rampas
14. Abdul Duru Mbojo Asal, Kecamatan Sambi Rampas
15. Maka Daud Bin Daud Asal, Kecamatan Sambi Rampas. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved