Begini Progress Pekerjaan Daerah Irigasi Baing, di Sumba Timur NTT, Simak Penjelasan PPK Bonefasius

Saat ini data informasi terkait realisasi fisik pekerjaan Bendung Irigasi DI Baing untuk item pekerjaan bendung dan saluran sudah mencapai 32 persen l

Begini Progress Pekerjaan Daerah Irigasi Baing, di Sumba Timur NTT, Simak Penjelasan PPK Bonefasius
istimewa
Pekerjaan galian saluran primer Daerah Irigasi (DI) Baing, di Kecamatan Wula Waijela, Kabupaten Sumba Timur. Gambar diabadikan, pertengahan bulan Juli 2019 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Ferry Ndoen

POS KUPANG.COM, KUPANG- Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR, Ditjen Sumber Daya Air cg Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWS NT II) tahun ini hanya melaksanakan satu paket pekerjaan bidang irigasi di Pulau Sumba, yakni di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi NTT, tepatnya di wilayah Kecamatan Wula Waijelu.
Pekerjaan dimaksud, yakni pembangunan Bendung Irigasi Baing menggunakan dana APBN tahun anggaran 2019

Kepala Satker NVT PJPA Nusa Tenggara II Provinsi NTT, Fernando Radjagukguk, ST, MT melalui PPK Irigasi dan Rawa III, Bonefasius Jas, SST, saat saat diwawancarai wartawan Pos Kupang.com, di Kupang, Jumat (26/7/2019) menjelaskan, pasca dilakukan penandatangan kontrak kerja pada April lalu, hingga saat ini realisasi fisik pembangunan Bendung Irigasi DI Baing sudah mencapai 32 persen lebih.

"Saat ini data informasi terkait realisasi fisik pekerjaan Bendung Irigasi DI Baing untuk item pekerjaan bendung dan saluran sudah mencapai 32 persen lebih," jelasnya.

Tentang fisik item pekerjaan bendung/mercu, Bonefasius menjelaskan, khususnya untuk item pekerjaan bendung (mercu) sudahmencapai sekitar 70 persen.

"Khusus item pekerjaan dinding kiri-kanan udik bentang sudah mencapai 50 an persen," tambahnya.
Tentang progress pekerjaan saluran irigasi Di Baing, Bonefasius menegaskan, khusus pekerjaan galian sepanjang 5.678 meter saat ini realisasi kemajuan fisik di lapangan sudah mencapai sekitar 80 persen.

"Masih sekitar 2,5 km pekerjaan galian saluran. Namun semua mengacu kontrak dan schedule yang sudah ditetapkan," tambahnya.

Bonefasius mengakui pekerjaan galian tebing/rata tanggul sudah rampung dikerjakan pihak rekanan selaku mitra kerja. "Sedangkan precast beton saluran dalam proses penyelesaian.

Namun Bonefasius yakin, seluruh proses pekerjaan Bendung DI Baing di Kabupaten Sumba Timur akan selesai pada akhir Desember 2019 mendatang sesuai yang sudah tertuang dalam kontrak pekerjaan.

Bahkan Bonefasius optimis pekerjaan akan bisa selesai lebih awal sebelum kontrak berakhir. Untuk pekerjaan saluran primer dengan lebar 2,5 meter dan tinggi 1,5 meter 

Diberitakan Pos Kupang.com sebelumnya, Bendung Irigasi Baing di Sumba Timur jika selesai dikerjakan nantinya akan mampu mengairi 2000 hektar (ha) lahan irigasi di wilayah itu

"Sosialisasi pembangunan Bendung Irigasi Baing dihadiri masyarakat, elemen masyarakat unsur kecamatan, kapolsek, babinsa, kepala desa serta tokoh masyarakat setempat. Dan sosialisasi dilaksanakan sebanyak dua kali, yakni tanggal 23 Maret serta tanggal 8 April 2019, di Desa Laipanda, Kecamatan Wula Waijelu," jelas Bonefasius Jas.

Bonefasius Jas lebih jauh menjelaskan, sejak tahun 1977 ada impian/harapan masyarakat wilayah Wula Waijelu agar bisa dibangun sebuah bendung irigasi guna mengaiiri lahan pertanian potensial di wilayah itu. Namun harapan para orangtua di wilayah itu sejak puluhan tahun silam baru bisa terwujud di tahun 2019.

"Seluruh masyarakat sangat mendukung dan sangat senang karena impian para orangtua mereka sejak tahun 1977 silam ternyata baru bisa terlaksana pembangunannnya tahun 2019. Tentu masyarakat sangat bersyukur karena muara pembangunan nantinya juga akan dinikamti oleh masyarakat. Tujuan pembangunan, yakni untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ," jelas Bone. (fen)

Kepala SNVT Pekerjaan pembesian pilat betong tinga bentang Bendung DI Baing di Sumba Timur,

Kepala Satker NVT PJPA Nusa Tenggara II Provinsi NTT, Fernando Radjagukguk, ST, MT didampingi  PPK Irigasi dan Rawa III, Bonefasius Jas, SST,  dan mitra kerja PT Putra Kencana KSO  PT Esrom saat memantau pekerjaan pembesian pilar betong tiang bentang Bendung DI Baing di Sumba Timur, (istimewa)

PPK Irigasi III Sumba Timur, Bonefasius Jas, SST
PPK Irigasi III Sumba Timur, Bonefasius Jas, SST (Pos Kupang.com/Ferry Ndoen)
Penulis: Ferry Ndoen
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved