Pemda di Sumba Bangun Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi dan Misionaris Siapkan SDM TKI

Direktur PADMA Indonesia menyarankan pemerintah empat Kabupaten di Pulau Sumba kerj sama dengan PT dan Misionaris siapkan SDM TKI

Pemda di Sumba  Bangun Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi dan Misionaris Siapkan SDM TKI
POS-KUPANG.COM/ PETRUS PITER
Direktur PADMA Indonesia Martinus Gabriel Goa sdg membawakan materi sosialisasi penempatan dan perlindungan TKI di hotel Sumba Sejahtera, SBD, Jumat (1972019) Direktur PADMA Indonesia Martinus Gabriel Goa sdg membawakan materi sosialisasi penempatan dan perlindungan TKI di hotel Sumba Sejahtera, SBD, Jumat (1972019) Direktur PADMA Indonesia Martinus Gabriel Goa sdg membawakan materi sosialisasi penempatan dan perlindungan TKI di hotel Sumba Sejahtera, SBD, Jumat (1972019)

Pemda di Sumba Bangun Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi Dan Misionaris Siapkan SDM TKI

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM | TAMBOLAKA- Direktur pelayanan advokasi untuk keadilan dan perdamaian (PADMA) indonesia, Martinus Gabriel Goa menyarankan pemerintah empat Kabupaten di Pulau Sumba umumnya dan Sumba Barat Daya khususnya untuk membangun kerjasama dengan lembaga perguruan tinggi (PT) di Sumba dan juga dengan misionaris Katolik Sumba untuk menyiapkan sumber daya manusia calon tenaga kerja indonesia (TKI) yang berkeinginan bekerja keluar negeri.

Misalnya dengan perguruan tinggi, memanfaatkan tenaga dosen untuk memberikan pendidikan dan pelatihan bahasa inggris, korea, jepang, Jerman dan lain-lain agar TKI memiliki bekal pengetahuan berbahasa sebelum terjun ke dunia kerja di luar negeri.

Selanjutnya bekerjasama dengan misionaris Katolik Sumba, misalnya mengikutkan calon TKI sekolah pertukangan di Donbosco Weetabula, Sumba Barat Daya. Sebab tenaga pertukungan juga sangat dibutuhkan diluar negeri. Dengan ketrampilan yang dimiliki TKI dapat bersaing di pasar kerja diluar negeri.

Direktur PADMA Indonesia, Martinus Gabriel Goa menyampaikan hal itu ketika bersama Direktur Sosialisasi dan Kelembagaan BNP2TKI, DR.Servulus Bobo Riti, Kepala Subdid Sosialisasi pada BNP2TKI, Pujiono, S.H, M.H menggelar jumpar pers di aula hotel Sumba Sejahtera, Sumba Barat Daya, Jumat (19/7/2019).

Direktur Sosialisasi BNP2TKI Ungkap Baru 60 % PMI Lewat Jalur Formal

99 Persen TKI/TKW NTT Berangkat Melalui Jalur Non Prosedural

Hal senada juga disampaikan Direktur BNP2TKI, DR.Servulus Bobo Riti.

Ia menambahkan, di Tambolaka, Sumba Barat Daya juga telah hadir sekolah pariwisata bertaraf internasional. Untuk itu ia meminta pemda Sumba Barat Daya membangun kerjasama dengan sekolah pariwisata untuk memberikan pendidikan berbahasa inggris kepada calon tenaga kerja indonesia asal Sumba. Kemampuan berbahasa yang baik memberi kemudahan TKI mendapatkan pekerjaan yang baik pula.(*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved