Berita Pendidikan

Mahasiswa Diminta Jaga Marwah UKAW Kupang Saat PKL di Instansi Pemerintah dan Swasta

Mahasiswa UKAW Kupang Tahun Ajaran 2019/2020 akan melaksanakan Praktek Pembekalan Lapangan (PKL) pada 1 Agustus 2019.

Mahasiswa Diminta Jaga Marwah UKAW Kupang Saat PKL di Instansi Pemerintah dan Swasta
Laus Markus Goti
Mahsiswa FE UKAW Kupang yang melakukan PKL 

Laporan Raporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Mahasiswa Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang Tahun Ajaran 2019/2020 akan melaksanakan Praktek Pembekalan Lapangan (PKL) pada 1 Agustus 2019.

Mahasiwa PKL akan ditempatkan di sejumlah instansi pemerintah dan swasta. Para mahasiswa tersebut mengikuti pembekalan sebelum melakukan PKL selama dia hari di Gereja Betel Oesapa, Senin (15/7/2019) sampai Selasa (16/7/2019).

Dekan Fakultas Ekonomi UKAW, Jusuf Aboladaka, SE, M.Si dalam kegitan pembekalan tersebut, Selasa (16/7/2019) menjelaskan, tujuan PKL adalah mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga profesional, disiplin, kreatif dan jujur untuk meningkatkan etos kerja.

Prodi PGSD UCB Pengmas di Kabupaten Rote Ndao dan Malaka, Ini Yang Dilakukan

Melalui pembekalan, kata dia, para mahasiswa diharapkan mampu menjaga marwah UKAW Kupang di tempat praktek karena mahasiswa menjadi cerminan UKAW di mata masyarakat.

"Mahasiswa harus mengikuti kegiatan ini dengan serius dan tidak membuat hal-hal yang tidak diingankan di lokasi PKL. Jaga nama baik lembaga dan universitas," tegasnya.

Bali United Kalah Beruntun, Persib Bandung Mengalami Trend Positif di Liga 1 2019

Ketua Panitia PKL Fakultas Ekonomi, Yuningsi Cristiani, S.ST, M.Ak, mengatakan para mahasiswa akan melakukan PKL di instansi pemerintahan, mulai dari tingkat provinsi NTT, Kota Kupang dan Kabupaten Kupang serta perusahaan swasta.

Dia mengatakan, untuk kabupaten hanya Kabupaten Kupang dan presentasenya hanya 30 persen sedangkan 30 persenya ditempatkan di provinsi dan Kota Kupang.

"Paling banyak diminta itu dari desa, karena mereka ingin mahasiswa membantu mengelola Bumdes dan menata keuangan mereka," ungkapnya.

Dokter Baru di FK Undana Kupang Diminta Jadi Pelayan Kemanusiaan

Menurutnya, fokus mahasiswa dalam PKL perdana adalah proses pengelolaan keuangan sehingga selain instansi pemerintahan mahasiswa diterjunkan ke perusahaan swasta dan gereja.

"Kalau di Kota Kupang dan provinsi mereka akan melakukan praktek paling banyak di Dinas dan Gereja. Jadi dari persoalan-persoalan yang ditemukan di lapangan, mereka bisa memilih dan menentukan judul Skripsi mereka," katanya.

Dikatakannya, 302 mahasiswa tersebut terdiri dari 147 orang dari Prodi Manajemen dan Administrasi yang saat ini semester VI dan 155 orang dari Prodi Ekonomi Akuntansi.

"PKL merupakan salah satu mata kuliah wajib atau prasyarat untuk KKN dan penulisan skirpsi. Sebelumnya tidak ada PKL namun disesuaikan dengan kurikulum KKNI maka mahasiswa harus PKL," imbuhnya.

12 Rumah Sakit (RS) di NTT Turun Kelas

Dia mengatakan, pemateri pada kegiatan pembekalan berasal dari unsur pemerintah oleh Asisten III Pemerintah Provinsi NTT, Cosmas Lana, SH, M.Si, sementara dari pihak swasta dan perbankan oleh Kepala Devisi Kredit Bank NTT, Reinald Djo.

Sedangkan, materi tentang Etika Penampilan dan Pergaulan dibawakan langsung oleh Dosen Fakultas Ekonomi UKAW, Alya Elita Sjioen, SE, MM. (*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved