Puskesmas Tarus Mencatat ada Anak 6-7 Tahun Terkena Katarak, Karena Sebab ini

Manajemen Puskesmas Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, selalu didatangi pasien katarak. Selama ini semua kasus katarak, pihaknya member

Puskesmas Tarus Mencatat ada Anak 6-7 Tahun Terkena Katarak, Karena Sebab ini
POS KUPANG/GECIO VIANA
drg Imelda Sudarmadji, Kepala Puskesmas Tarus Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang ketika ditemui POS-KUPANG.COM diruang kerjanya, Kamis (23/8/2018)

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI--Manajemen Puskesmas Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, selalu didatangi pasien katarak. Selama ini semua kasus katarak, pihaknya memberikan surat keterangan  rujuk ke rumah sakit di Kota Kupang terutama kaum lanjut usia (lansia). Dalam bulan ini ada anak usia sekitar 6-7 tahun
yang menderita katarak.

Kepala Puskesmas Tarus, Drg. Imelda Sudarmadji kepada POS KUPANG.COM, Senin (15/7/2019) menjelaskan, penyakit katarak tidak hanya diderita kaum lansia, tetapi juga anak-anak. Pada Juli ini saja ditemukan anak usia 6-7 tahun menderita katarak termasuk juga  bayi yang baru lahir trinfeksi rubela saat kehamilan.

"Kalau ibu hamil menderita cacar  air, toxoplasma dan rubela bayi lahir ya terkena katarak. Solusi katarak adalah operasi ganti lensa. Tidak bisa diobati dengan  minum obat," katanya.

Kakak Beradik Siap Tempur Malam Ini di Lapangan Betun

Pelti NTT Hidupkan Tenis Piala Gubernur, Kajati Cup, Danrem Cup dan Kapolda Cup, Simak Kata Roedy

Persib Bandung iIncar Striker Steven Lustica di Putaran 2, IniTanggapan Bobotoh di Instagram

Dijelaskannya, bayi sampai  lansia harus ganti lensa baru sembuh. Kadang bisa diatasi dengan memakai kacamata. Intinya bahwa ibu hamil harus rajin periksa kehamilan karena saat pmriksaan banyak hal yang  ibu hamil dapat selain diperiksa juga mendapatkan informasi kesehatan dari petugas kesehatan. Ini maksudnya  ibu hamil kondisi sehat anak yang lahir juga sehat.

"Katarak rata-rata  karena faktor usia. Tapi kalau ada anak yg terkena kemungkinan trinfeksi dari  ibu yang terkena rubela. Intinya petugas selalu penyuluhan ke ibu hamil supaya hamil sehat anak sehat. Tapi kalau sudah ada katarak ya kita rujuk ke Rumah sakit," kata Imelda. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved