Idda Yuni Masalah Anak di NTT Kian Kompleks

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak NTT, Idda Yuni Astuti mengatakan permasalahan anak di NTT kian kompleks.

Idda Yuni Masalah Anak di NTT Kian Kompleks
thelocal.de
Ilustrasi kekerasan anak 

Idda Yuni Masalah Anak di NTT Kian Kompleks

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak NTT, Idda Yuni Astuti mengatakan permasalahan anak di NTT kian kompleks.

"Saat ini di tengah dinamika kehidupan yang semakin berkembang banyak terjadi Kekerasan terhadap anak, pelecehan seksual, perkelahian, narkoba dan HIV/AIDS,"

Hal itu dikatakan Idda saat diwawancarai POS-KUPANG.COM, usai membuka kegiatan pelatihan gugus tugas Kota Layak Anak (KLA) dengan analisis pengarusutamaan hak anak NTT, di Hotel Neo Aston, Kamis (11/7/2019).

Menurutnya, untuk mengatasi masalah tersebut, perlu kolaborasi dan sinergitas dari semua pemangku kepentingan, pemerintah, sekolah, orangtua, tokoh agama, masyarakat, LM pemerhati anak untuk menciptakan kondisi dan lingkungan yang baik bagi anak.

"Ini tentu saja butuh penanganan yang efektif, melalui penyebarluasan informasi, pelibatan anak dan menciptakan lingkungan yang ramah dan layak bagi anak," tegasnya.

Ia mengatakan pelatihan tersebut sesungguhnya sebagai bentuk perhatian kepada anak sehingga memperoleh kenyamanan untuk bertumbuh, berpartisipasi termasuk berekspresi untuk mengembangkan kecerdasan dan keterampilannya.

Bupati Mabar Setuju Pulau Komodo Menjadi Eksklusif

Ia sangat berharap pelatihan tersebut dapat dimanfaatkan secara baik sehingga bisa menghasilkan pemikiran yang strategis dan cerdas guna menjamin sinergitas pemenuhan hak anak.

Selain itu, juga dalam rangka penanganan masalah kekerasan terhadap anak secara terpadu bersama berbagai lembaga terkait.

Peserta pelatihan tersebut berlangsung selama 11 hingga 12 Juli 2019 dengan berjumlah 40 orang, yang terdiri dari SKPD terkait, antara lain PPA POLDA NTT, P2TP2A, PKK, LSM pemerhati anak, Perbankan dan Media Massa.

Freddie Mack, Kisah Pria yang Dimakan Anjingnya Sendiri Setelah Dinyatakan Menghilang

Narasumber yang dihadirkan yaitu dari pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak NTT.(*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved