Tim Pendamping Stunting FKM Undana Adakan Pelatihan Bagi Kader Posyandu di TTU

Tim pendamping stunting dari FKM Undana Kupang mengadakan pelatihan atau penyegaran kader Posyandu lingkup lokus Stunting

FKM Undana untuk POS-KUPANG.COM
Suasana kegiatan pelatihan kader Posyandu di Kabupaten TTU oleh tim dari FKM Undana Kupang, Sabtu 29 Juni 2019. 

Tim Pendamping Stunting FKM Undana Adakan Pelatihan Bagi Kader Posyandu di TTU

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Tim pendamping stunting dari FKM Undana Kupang mengadakan pelatihan atau penyegaran kader Posyandu lingkup lokus Stunting kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Pelaksana kegiatan itu merupakan tim Pendampingan Stunting dari FKM Undana kerjasama Kemenkes RI, bersama pemerintah daerah dan Tim PKK Kabupaten TTU.

"Kegiatan pelatihan di Aula Hotel Livero, Kefamenanu-Propinsi NTT, Sabtu 29 Juni 2019. Pihak yang terlibat yaitu, Pemerintah Daerah TTU (Setda kab TTU), Kepala Bappeda TTU, Kepala Dinas kesehatan TTU, Kepala Dinas PMD TTU, KetuaTim PKK kabupaten TTU, Kepala Puskesmas 7 wilayah Lokus Stunting, Bidan Kordinator 7 wilayah lokus Stunting dan 100 orang Kader dari 20 Posyandu lokus Stunting kabupaten TTU," ungkap Ketua Tim Pelaksana Kegiatan, Dr. Intje Picauly, M.Si, kepada POS KUPANG.COM, Selasa (2/7/2019).

Dua Tim ETMC Sudah Berada di Malaka, Ini Tim yang Akan Tiba Hari Ini

Jimmi Sianto : Tutup Sekolah Tidak Semudah Membalik Telapak Tangan

BREAKING NEWS: Pengecer Jual Ikan di DPRD Sikka

Dr. Intje menjelaskan tujuan kegiatan yaitu memberikan penyegaran dan tambahan penguatan informasi terbarukan kepada kader dalam rangka memperkuat kader dalam menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan keluarga terkhususnya di wilayah lokus Stunting dalam hal ini khususnya di wilayah kabupaten TTU.

Dosen FKM Undana Kupang ini menjelaskan hasil yang ingin dicapai adalah kemandirian kader dalam penanggulangan masalah stunting dan masalah kesehatan lainnya di wilayah stunting.

"Tindak lanjut kegiatan ini adalah pengukuran dan penilaian status gizi pada kelompok fokus 1000 HPK (bumil, busui,bayi 0-6 bulan, bayi 6-12 bulan dan anak 12-24 bulan)," jelasnya.

Ia mengungkapkan alasan Pemilihan kabupaten TTU melaksanakan kegiatan adalah karena salah satu kabupaten yang mengalami peningkatan prevalensi stunting pada hasil riskesdas tahun 2018 yaitu Kabupaten TTU.

Ia menjelaskan bentuk kegiatan pelatihan diantaranya, Pemaparan materi pelatihan, pentingnya penerapan faktor 1000 HPK dalam penanggulangan dan pencegahan stunting.

Semua Staf Desa Liang Sola Ikut Kegiatan Peningkatan Kapasitas

Menyambut HUT ke-68, Paroki Sang Penebus Wara Waingapu Gelar Turnamen Bola Voli Antar Umat Beragam

Penerapan pola konsumsi dan PHBS dalam proses pencegahan dan penanggulangan stunting.

Selain itu, Praktek pengukuran dan penimbang antropometri sampel. Pembagian paket intervensi gizi spesifik dan paket KIE (brosur dan stiker tentang stunting, dan buku KIA)

"Salah satu inovasi yang menjadi target pelaksanaan kegiatan pendampingan di wilayah Lokus sunting adalah, pencanangan Rumah Komunikasi Stunting. Dengan mempertimbangkan wilayah demografi kabupaten mitra dan efisien program KIE dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Stunting. Adapun kegiatan ini telah disepakati bersama oleh OPD sepertu dinas kesehatan, dinas PMD, tim PKK kabupaten dan dinas Infokom kab. TTU," ujarnya.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved