Dekatkan Pelayanan, Pemerintah Diminta Buka Kantor Imigrasi di Ende

Dekatkan Pelayanan, Pemerintah Diminta Buka Kantor Imigrasi di Kabupaten Ende

Dekatkan Pelayanan, Pemerintah Diminta Buka Kantor Imigrasi di Ende
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Warga Ende, Natsir Koten 

Dekatkan Pelayanan, Pemerintah Diminta Buka Kantor Imigrasi di Kabupaten Ende

POS-KUPANG.COM | ENDE - Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM diharapkan untuk membuka Kantor Imigrasi di Ende. Tujuannya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Ende dalam proses pengurusan admintrasi terutama untuk pengurusan pasport maupun visa.

Warga masyarakat Kabupaten Ende yang juga Ketua Bawaslu Kabupaten Ende, Natsir Koten mengatakan hal itu kepada POS- KUPANG.COM, Senin (17/6/2019) di Ende.

SMK Kristen SoE Gelar Lomba Antar Kelas, Begini Komentar Yuni dan Alvin

Natsir mengatakan bahwa saat ini untuk pengurusan adminitrasi warga masyarakat Kabupaten Ende harus pergi ke Maumere padahal apabila dibuka di Ende maka warga tidak lagi harus ke Maumere namun mengurusnya di Ende saja.

Menurut Natsir dengan melihat kondisi geografis yang ada maka idealnya di Palau Flores ada tiga Kantor Imigrasi masing-masing untuk wilayah Timur ada di Maumere guna melayani masyarakat Kabupaten Sikka dan Flores Timur juga Lembata.

Bupati TTU Minta Kejaksaan Panggil Konsultan Perencanaan Pembangunan Taman Doa

Dan di Kota Ende untuk melayani masyarakat Kabupaten Ende dan Ngada juga Nagekeo serta di Labuan Bajo untuk melayani masyarakat dari Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat juga Manggarai Timur.

Natsir yang juga calon jemaah haji asal Kabupaten Ende yang mendapatkan kuata tambahan mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada Kantor Imigrasi Maumere yang datang ke Ende untuk melakukan pemotretan dan pengambilan sidik jari bagi calon jemaah haji asal Kabupaten Ende.

Menurut Natsir apa yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Maumere adalah merupakan suatu langkah maju dalam proses pengurusan administrasi khususnya bagi jemaah calon haji asal Kabupaten Ende.

"Iya calon jemaah haji banyak yang sudah sepuh maka ketika Kantor Imigrasi Maumere datang memberikan pelayanan di Ende tentu bisa membantu para calon haji karena mereka tidak perlu datang lagi ke Maumere,"kata Natsir.

Namun demikian menurut Natsir idealnya Kantor Imigrasi Maumere membuka Kantor Pelayanan di Ende sehingga dengan demikian warga bisa mengurus berbagai keperluan administrasi langsung di Kabupaten Ende tanpa harus pergi ke Maumere.

Natsir yang juga adalah dosen Uniflor Ende mengatakan bahwa dengan dibukanya Kantor Imigrasi di Ende maka tidak saja warga Ende yang dipermudah dalam pengurusan administrasi keimigrasian juga masyarakat Kabupaten Ngada dan Nagekeo.

Harapan serupa juga dikemukan oleh Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ende, Muhamad Salam Daud yang berharap agar lebih mempermudah pelayanan maka diharapkan di masa mendatang pemerintah hendaknya membuka kantor imigrasi di Ende minimal semacam pos pelayanan sehingga dengan demikian warga masyarakat Kabupaten Ende bisa langsung mengurus berbagai dokumen imigrasi tanpa harus pergi ke Maumere.

"Memang dalam beberapa tahun terakhir Kantor Imigrasi Maumere datang ke Ende untuk memberikan pelayanan kepada warga khususnya jemaah calon haji namun idealnya kalau di Ende dibuka semacam pos pelayanan administrasi imigrasi," kata Salam Daud. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved