Jefri Riwu Kore Tegaskan ASN yang Tak Hadir 10 Juni Akan Dapat Sanksi

Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore menegaskan, Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Kupang yang tak hadir tanpa alasan pada 10 Juni pasca

Jefri Riwu Kore Tegaskan ASN yang Tak Hadir 10 Juni Akan Dapat Sanksi
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI.
Walikota Kupang Jefri Riwu Kore di ruang kerjanya, Rabu (22/5/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore menegaskan, Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Kupang yang tak hadir tanpa alasan pada 10 Juni pasca libur akan mendapat sanksi disiplin.

Hal itu dikatakan Jefri, saat dihubungi POS-KUPANG.COM, Sabtu (8/6/2019), via Whatsapp. "Sesuai instruksi Menpan mereka yang tidak hadir tanpa alasan akan dikenakan sanksi," tegasnya.

Dilansir dari kompas.com, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Mudzakir mengatakan, selain sanksi disiplin, tunjangan kinerja ASN yang membolos akan dipotong.

"Sanksi tentang disiplin sesuai PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Kalau tidak masuk otomatis tunjangan dipotong," ungkap Mudzakir.

Usul Potong Kesra Bagi ASN yang Terlambat Masuk Libur

Dalam PP tersebut, jenis hukuman disiplin dibagi ke dalam beberapa kategori, yaitu ringan, sedang, dan berat.

Bentuk hukuman ringan seperti teguran lisan maupun tertulis. Kemudian, hukuman disiplin sedang berbentuk penundaan kenaikan gaji, penundaan kenaikan pangkat, dan penurunan pangkat, masing-masing selama satu tahun.

Sementara, untuk hukuman disiplin berat seperti pembebasan dari jabatan hingga pemberhentian tidak dengan hormat.

Ini Figur Pelatih Macan Kemayoran Persija Jakarta yang Akan Menggantikan Ivan Kolev

Pemberian sanksi tersebut nantinya akan menjadi wewenang Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 13 tahun 2019 tentang Cuti Bersama Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019.

Cuti bersama Hari Lebaran 2019 ditetapkan selama tiga hari, pada 3, 4, dan 7 Juni 2019. Selain itu, keputusan tersebut juga mengatur tentang cuti bersama Hari Raya Natal pada 24 Desember 2019.

Cuti bersama yang diberikan tidak mengurangi hak cuti tahunan PNS.

Salah satu ASN lingkup Pemkot Kupang, yang dihubungi POS-KUPANG.COM, mengatakan, terkait sanksi disiplin, tidak hadir tanpa alasan pada tanggal 10 Juni 2019 nanti, sudah ditegaskan oleh Wakil Walikota Kupang, Herman Man saat apel perayaan memperingati Hari lahir Pancasila, di Balai Walikota Kupang.

"Pa Walikota sudah peringatan kami bahwa yang tidak hadir tanpa alasan akan dikenai sanksi disiplin. Beliau juga menegaskan agar disiplin," ungkapnya. (*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved