Ini Titik Akan Dibentuknya BUMdes Center di NTT

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Semuel Rebo, mengatakan pendirian BUMdes dimaksudkan untuk menampung seluruh kegiatan di bidang ekonomi dan ata

Ini Titik Akan Dibentuknya BUMdes Center di NTT
Pos Kupang. Com/Yen
SOSIALISASI PENGUATAN -- sosialisasi Penguatan BUMdes Provinsi NTT, di Aula Kantor Gubernur NTT, Senin (20/5/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG. COM | KUPANG -- Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Semuel Rebo, mengatakan pendirian BUMdes dimaksudkan untuk menampung seluruh kegiatan di bidang ekonomi dan atau pelayanan umum yang dikelola oleh desa dan atau kerjasama antar desa.

Adapun pendirian bumdes antara lain berasal dari Alokasi Dana Desa, APBD Kabupaten, pinjaman pihak ketiga maupun tabungan daripada masyarakat sebagai lembaga yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Ia mengatakan keberadaan BUMdes sangat strategis dalam percepatan pembangunan ekonomi masyarakat desa dan oleh karena itu pemerintah Nusa Tenggara Timur terus berupaya untuk mendorong semua desa di Nusa Tenggara Timur untuk memiliki BUMdes dalam menunjang pembangunan desa.

"Jadi kita masih punya PR lagi untuk bagaimana melakukan asistensi untuk semua desa 3.026. Kita baru punya sekitar 900, berarti ini masih 2000an yang harus dibangun dan tentu kita berharap ini partisipasi dari pada berbagai mitra.

Lima Bendungan di NTT Sedang Dibangun. Napun Gete Sikka Tuntas 2020

Termasuk dalamnya perbankan akan membantu kita untuk juga bersama-sama kita membangun BUMdes dan memerhatikan program kerja tim percepatan akses keuangan daerah provinsi Nusa Tenggara Timur tahun 2019 yaitu pembentukan BUMdes Center di wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur," terangnya pada Sosialisasi Penguatan bumdes di Aula Kantor Gubernur NTT, Senij (20/5/2019).

Pembentukan BUMdes center ini, lanjutnya, sesuai dengan kebijakan strategis OJK tahun 2019 khususnya mengenai akses keuangan bagi UMKM dan masyarakat kecil di daerah terpencil.

Terdapat program optimalisasi BUMdes untuk penguatan ekonomi masyarakat desa dan optimalisasi peran tim percepatan akses keuangan daerah.

BREAKING NEWS- Presiden Jokowi Tiba di Bandara El Tari Ganti Pesawat Terbang ke Belu

"Dapat kami sampaikan bahwa sesuai dengan data dari badan pemberdayaan masyarakat dan desa provinsi Nusa Tenggara Timur hingga saat ini terdapat 978 BUMdes dan tadi Seperti yang disampaikan oleh Bapak Kepala OJK 781 itu yang aktif dengan total penyertaan modal kurang dari Rp 9 miliar. Maka sebagai tindak lanjut pada 12 Maret 2019 yang lalu telah dilakukan fokus grup diskusi terkait dengan BUMdesa.

Tentu kita berharap bahwa dukungan dokumen yang disampaikan oleh mitra kerja terkait ini, akan terus kita tingkatkan ke depan sehingga percepatan terhadap pembentukan seluruh BUMdes itu dapat segera tercapai," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved