Siswi SMK-PP Negeri Kupang Membuat Mie Ubi Ungu dan Wortel

Mie merupakan makanan berbahan dasar tepung yang berbentuk tipis panjang dan bertekstur kenyal. Makanan ini sangat populer di berbagai tempat di dunia

Siswi SMK-PP Negeri Kupang Membuat Mie Ubi Ungu dan Wortel
dok SMK-PP Negeri Kupang
siswa SMK-PP Kupang saat melakukan praktik mie ubi ungu dan mie wortel. 

 POS KUPANG.COM -Mie merupakan makanan berbahan dasar tepung yang berbentuk tipis panjang dan bertekstur kenyal. Makanan ini sangat populer di berbagai tempat di dunia.

Kenapa? Sebab mie dapat dipadukan dengan berbagai jenis racikan bumbu, sayuran dan daging. Mie juga dapat dimasak menjadi santapan di berbagai musim. Saat musim dingin, maka paling enak menyantap mie berkuah yang hangat. Sementara saat musim panas, dapat menyantap mie dingin.

Menurut sejarah, mie pertama kali dibuat di Cina pada Dinasti Han pada tahun 25-200 AD.

Dari Cina, mie kemudian menyebar ke berbagai sudut Asia, bahkan sampai pula di Eropa atas jasa Marco Polo yang membawanya sebagai oleh-oleh. Mie pun menjadi salah satu makanan paling populer di dunia.

Kini, ada banyak inovasi dalam pembuatan mie. Salah satu inovasi itu ialah penambahan sayur-sayuran maupun umbi-umbian ke dalam adonan mie untuk menambah kandungan nutrisi serta menambah warna sehingga penampilan mie jadi makin menarik. Salah satu bahan yang dapat dicampurkan ke dalam adonan mie adalah ubi ungu dan wortel.

Pada 6 Mei 2019, siswi SMK-PP Negeri Kupang membuat mie ubi ungu dan mie wortel.

Sebelumnya, mereka membuat mie kelor. Pembuatan Mie ubi ungu dan mie wortel ini dibimbing oleh Prodi ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura), Yuseffa Amilia, SP, ketua laboratorium Marlisye M. Naturasi, SP dan pranata laboratorium, Isti Mulatifah, SST.

Mie ubi ungu dan wortel ini rencananya akan dijadikan sebagai bahan pameran wisuda siswa-siswi SMK-PP Negeri Kupang, yang dilaksanakan pada 16 Mei.

Pembuatan mie ubi ungu dan wortel ini pada dasarnya sangatlah mudah. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu, telur, garam, dan air.

Sedangkan ubi ungu dimasak dan dihaluskan sebelum dicampurkan. Berbeda dengan wortel, yang hanya perlu diblender sebelum dicampur adonan mie.
Prinsip pembuatan mie ini adalah dicampurnya tepung dengan telur, garam, dan bahan tambahan yang sudah dihaluskan.

Adonan kemudian diuleni hingga kalis dan didiamkan selama 30 menit. Setelahnya, adonan dapat ditipiskan menggunakan alat giling dan dipotong menggunakan alat pencetak mie. Mie ubi ungu dan wortel pun siap dimasak langsung atau disimpan di kulkas. (*)

siswa SMK-PP Kupang saat melakukan praktik mie ubi ungu dan mie wortel.
siswa SMK-PP Kupang saat melakukan praktik mie ubi ungu dan mie wortel. (siswa SMK-PP Kupang saat melakukan praktik mie ubi ungu dan mie worte)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved