Pemerintah Segera Terbitkan Perpres Audit Teknologi, Ini Antisipasi Kemenristekdikti

Pemerintah kini tengah menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang audit teknologi nasional secara menyeluruh.

Pemerintah Segera Terbitkan Perpres Audit Teknologi, Ini Antisipasi Kemenristekdikti
TRIBUNNEWS.COM/DENIS SETRYAWAN
Direktur Tribun Network, Febby Mahendra Putra bersama dengan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi saat acara Anugerah Jurnalis dan Media Kemenristekdikti 2018 di Jakarta, Kamis (28/1/2019). 

Pemerintah Segera Terbitkan Perpres Audit Teknologi, Ini Antisipasi Kemenristekdikti

POS-KUPANG.KUPANG- Pemerintah kini tengah menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang audit teknologi nasional secara menyeluruh.

Audit teknologi ini akan menjadi instrumen dalam menata kemandirian teknologi, inovasi, penguatan struktur industri, dan keamanan nasional sekaligus memberikan perlindungan kepada masyarakat mengantisipasi era Revolusi Industri 4.0.

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Jumain Appe saat membuka secara resmi Focus Group Discussion (FGD) Pemetaan Kapasitas Kelembagaan Audit Teknologi di Jakarta, Senin (15/4/2019) mengatakan audit teknologi akan dilakukan oleh lembaga-lembaga yang sudah terakreditasi dan memiliki kemampuan audit teknologi.

Hasil Pemeriksaan Dokter Kartariadi Ahli Penyakit Dalam Sandiaga Alami Gangguan Ini

Agar hasilnya maksimal, perlu disiapkan sumber daya auditor dan kapasitas kelembagaannya, serta sarana prasarana yang memadai.

Di tempat sama, Direktur Sistem Inovasi Kemenristekdikti Ophirtus Sumule mengatakan FGD ini digelar oleh Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti sebagai persiapan terbitnya Perpres audit teknologi yang sedang diproses di Sekretariat Negara. 

FGD diikuti dari perwakilan Kemenristekdikti, Badan Standardisasi Nasional (BSN), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Ikatan Auditor Teknologi Indonesia (IATI), Kementerian Badan Usaha Milik Negara, PT Surveyor Indonesia, PT Sucofindo, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), dan lain-lain.

Ophirtus Sumule mengatakan, salah satu isi di Perpres tersebut adalah perumusan roadmap kelembagaan dari audit teknologi.

BMKG Catat Gempa M 4.1 Guncang Pulau Panjang NTB Minggu Pagi, Ini Doa Ketika Terjadi Gempa Bumi

Ophirtus menjelaskan, secara kelembagaan, pelaksanaan audit teknologi ada di banyak tempat sehingga harus diharmonisasikan.

Dari kelembagaan audit teknologi tersebut, nantinya akan dibahas prioritas yang akan dilakukan bersama-sama, siapa yang harus mendukung, dan siapa yang menjadi leading sektornya.

Halaman
12
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved