Berita Regional Terkini

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Ternate, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi bermagnitudo 5,4 mengguncang wilayah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Selasa (25/12/2018) sekitar pukul 16.18 WIT

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Ternate, Tidak Berpotensi Tsunami
KOMPAS.com/AFP
Ilustrasi gempa bumi KOMPAS.com/AFP 

POS-KUPANG.COM | TERNATE  - Gempa bumi bermagnitudo 5,4 mengguncang wilayah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, pada Selasa (25/12/2018) sekitar pukul 16.18 WIT.

Pusat gempa berada di posisi 1,25 LU dan 126,46 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 114 km arah barat laut Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara pada kedalaman 49 kilometer.

Data dari BMKG bahwa gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat deformasi batuan pada Lempeng Laut Maluku.

Dikawal Polisi Aceh Utara, 11 Keluarga Kristiani Tempuh Perjalanan 1 Jam Beribadah Natal

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa di wilayah laut di sebelah barat laut Kota Ternate ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault).

Guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di daerah Ternate, Tidore, Sofifi, Weda, dan Jailolo II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Antoni Tewas Dibunuh di Acara Joget, 10 Pelaku Diancam 15 Tahun Penjara

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 16.35 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Sementara itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Kompas.com)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved