Berita Kabupaten Ende

Sampah di Kabupaten Ende Jadi Masalah Serius

sampah sampai saat ini masih menjadi masalah serius yang dihadapi masyarakat dan harus dipecahkan secara bersama-sama. Bertambahnya jumlah penduduk

Sampah di Kabupaten Ende Jadi Masalah Serius
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Kadis DLHD Kabupaten Ende, Donatus Randa Ma 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Persoalan sampah sampai saat ini masih menjadi masalah serius yang dihadapi masyarakat dan harus dipecahkan secara bersama-sama. Bertambahnya jumlah penduduk maupun pendatang yang akan menempuh pendidikan di wilayah Kota Ende akan menyebabkan bertambahnya sampah yang dihasilkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Ende, Ir Don Randa Ma mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Rabu (12/12/2018) ketika dikonfirmasi mengenai produksi sampah di Kabupaten Ende.

Dikatakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ende melalui program pengelolaan kinerja persampahan melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah sampah.
Salah satu upaya menekan volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah adalah melalui sosialisasi pengurangan sampah agar masyarakat secara mandiri dapat mengelola sampah rumah tangga.

SMAK Giovanni Kupang Adakan Perkemahan di Oetmanunu Kupang Barat

Selain itu masyarakat diajak untuk mengurangi sampah sejak dari sumbernya yaitu memilih dan memilah sampah yang masih dapat didaur ulang atau di manfaatkan kembali.

Langkah sederhana yang bisa mengurangi sampah ujar Don adalah dengan menggunakan sapu tangan untuk mengurangi pemborosan tisu serta menggunakan botol minum yang dapat dipakai berulang dan menggunakan kertas di kedua sisi juga mengurangi sampah makanan.(*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved