Berita Kabupaten Ngada Terkini

STKIP Citra Bakti Ngada Ajak Guru-guru Menulis dan Publikasikan Karya Ilmiah

Saat ajang kompetisi Matematika II tahun 2018, Dosen STKIP Citra Bakti Ngada melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

STKIP Citra Bakti Ngada Ajak Guru-guru Menulis dan Publikasikan Karya Ilmiah
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Suasana kegiatan Pengabdian Masyarakat di STKIP Citra Bakti Ngada, Sabtu (24/11/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY - Saat ajang kompetisi Matematika II tahun 2018, Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Citra Bakti Ngada melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Pengabdian itu berupa Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika memfasilitasi kegiatan pelatihan dan pendampingan publikasi bagi guru SMA di STKIP Citra Bakti Ngada, Sabtu (24/11/2018).

Tema dalam pengbadian itu adalah Meningkatkan Eksistensi Menulis Melalui Pendampingan Publikasi Karya Ilmiah di Kalangan Guru SMA/SMK/MA dan Sederajat Se-Kabupaten Ngada, Nagekeo dan Manggarai Timur.

Baca: HMPS Pendidikan Matematika STKIP Citra Bakti Gelar Kompetisi Matematika bagi Siswa SMA

Materi-materi yang dibawakan yaitu oleh Dosen STKIP Citra Bakti, Natalia Rosalina Rawa, M.Pd, Melkior Wewe, M.Pd dan Maria Desidaria Noge, M.Pd.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yaitu pertama, Budaya menulis karya ilmiah masih relatif rendah. Kedua minimnya kesadaran guru-guru untuk mempublikasikan karya ilmiah yang telah dihasilkan. Ketiga terbatasnya informasi mengenai media publikasi ilmiah bagi guru.

Baca: KMP Lakaan dan KMP Inerie II Layani Penyeberangan ke Rote Hari Ini

Melalui kegiatan pengabdian tersebut STKIP Citra Bakti Ngada mengajak guru-guru untuk menulis dan mempublikasikan karya ilmiahnya baik berupa laporan hasil penelitian, artikel kajian maupun artikel hasil penelitian.

STKIP Citra Bakti melalui wadah Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) menyediakan sarana publikasi ilmiah bagi guru.

Sekretaris Pusat P2M STKIP Citra Bakti Ngada, Natalia Rosalina Rawa, M.Pd, menjelaskan, STKIP Citra Bakti memiliki 5 Jurnal versi Online dan Jurnal versi Cetak untuk publikasi ilmiah.

Jurnal-jurnal itu adalah, Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, Jurnal IMEDTECH, Jurnal Citra Widya, Jurnal Citra Wiyata dan Jurnal ITEACH.

"Kelima jurnal ini diperuntukan bagi penulis dari kalangan guru, dosen, mahasiswa, peneliti dan para praktisi pendidikan lainnya yang ingin mempublikasikan karya ilmiahnya," ujar Rosalina.

Informasi yang dihimpun POS- KUPANG.COM, kegiatan tersebut melibatkan guru SMA/SMK/MA dan Sederajat Se-Kabupaten Ngada, Nagekeo dan Manggarai Timur.

Kegiatan itu berjalan aman dan lancar hingga usai. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved