Berita Kabupaten TTS Terkini

DPRD TTS Dukung Status Gunung Mutis Jadi Taman Nasional

DPRD Kabupaten TTS mendukung penurunan status kawasan gunung mutis dari cagar alam menjadi taman nasional.

DPRD TTS Dukung Status Gunung Mutis Jadi Taman Nasional
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Ketua DPRD TTS, Jean Neonufa 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten TTS mendukung penurunan status kawasan gunung mutis dari cagar alam menjadi taman nasional.

Hal ini maksudkan agar kawasan gunung mutis bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat dan Pemda TTS.

Hal ini diungkapkan Ketua DPRD TTS, Jean Neonufa, Wakil Pimpinan DPRD TTS, Welmince Mella dan anggota Polres DPRD TTS, Melianus Bana, yang dikonfirmasi POS- KUPANG.COM secara terpisah Minggu (18/11/2018) melalui sambungan telepon.

Baca: Bina Keakraban dan Persatuan, Ampibi Undana Gelar Temu Kenal

Jean mendukung penuh perubahan status tersebut agar kawasan mutis bisa dikembangkan dengan maksimal sebagai obyek wisata.

Hal ini selaras dengan program prioritas Propinsi NTT dimana bidang pariwisata menjadi motor ekonomi di Provinsi NTT.

Baca: 25 Tim Ikut Turnamen Futsal Ipelmen Cup IX

"Sebagai Ketua DPRD TTS saya dukung langkah untuk mengubah status kawasan cagar alam gunung mutis menjadi taman nasional gunung mutis. Saya yakin, Pak Gubernur juga mendukung hal ini gunang mendukung pengembangan wisata di Kabupaten TTS. Apa lagi, dengan dijadikannya taman nasional, maka pertumbuhan ekonomi dikawasan sekitar taman nasional akan berkembang. Mulai dari usaha kuliner, tenun ikat, jasa pemandu hingga penginapan," ungkap Jean.

Welmince Mella mengatakan, dengan perubahan status menjadi taman nasional tentunya perhatian pemerintah pusat, propinsi dan daerah untuk pengembangan wisata di kawasan taman nasional gunung mutis akan meningkat. infrastruktur jalan, tempat parkir, Lopo MCK hingga aula serba guna akan dibangun untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung kawasan gunung mutis. Oleh sebab itu, dirinya mendukung langkah pemerintah pusat untuk mengubah status kawasan gunung mutis tersebut.

"Kalau statusnya sudah menjadi taman nasional, maka perhatian pemerintah akan meningkat. Kita lihat saja contohnya seperti taman nasional komodo atau taman nasional gunung kelimutu dimana infrastruktur mulai dari jalan, tempat parkir, MCK, Lopo dan fasilitas penunjang dibangun pemerintah pusat untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan," ujarnya.

Anggota Komisi II DPRD TTS, Melianus Bana meminta pemerintah daerah Kabupaten TTS, Pemprov NTT dan Pemerintah Pusat untuk bergandengan tangan mempercepat pembangunan infrastruktur jalan menuju kawasan cagar alam gunung mutis.

Pasalnya, saat ini kondisi jalan menuju lokasi cagar alam yang terkenal dengan hutan bonsai raksasa ini masih buruk. Oleh sebab itu, dirinya berharap jika nantinya status kawasan gunung mutis sudah diturunkan dari cagar alam menjadi taman nasional, pemerintah bisa segera membangun infrastruktur jalan menuju kawasan gunung mutis yang diikuti dengan fasilitas penunjang lainnya.

"Kita dukung pengembangan kawasan gunung mutis menjadi kawasan taman nasional agar bisa menjadi obyek wisata sehingga bisa membawa dampak ekonomi bagi masyarakat dan Pemda. Namun pemerintah perlu secepatnya membangun infrastruktur jalan menuju kawasan gunung mutis sehingga para wisatawan lebih nyaman melakukan perjalanan menuju puncak tertinggi di pulau Timor tersebut," pungkas Melianus. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved