Berita Kabupaten Kupang

Bupati Kupang Ayub Titu Eki Siap "Pasang Badan" Buat Warga Babau Terkait Perusahaan Garam

Bupati Kupang, Ayub Titu Eki, siap membela warga Kabupaten Kupang yang memiliki lahan untuk penambangan garam di Babau

Bupati Kupang Ayub Titu Eki Siap
POS-KUPANG.COM/EDY HAYONG
Bupati Kupang, Ayub Titu Eki ketika memberikan keterangan pers kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (31/8/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Bupati Kupang, Ayub Titu Eki, siap "pasang badan" membela warga Kabupaten Kupang khusus yang memiliki lahan untuk penambangan garam di Babau, Kecamatan Kupang Timur. Lahan milik warga harus tetap dipertahankan walaupun  PT Panggung Guna Ganda Semesta (PGGS) yang menguasai 3.720 hektare (ha) di wilayah itu memegang hak guna usaha (HGU). 

Bupati Titu Eki kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (31/8/2018), menjelaskan, terkait dengan usaha penambangan garam di Babau, PT PGGS mengantongi HGU tetapi dirinya menilai  proses penguasaan lahan tidak sesuai prosedur dimana penyerahan lahan dilakukan melalui intimidasi terhadap masyarakat.

Untuk itu, dirinya akan tetap berada di belakang warga walaupun perusahaan ini memiliki bekingan orang besar sekalipun.

Menurutnya,  ada alasan yang mendorongnya mencabut status HGU milik PT PGGS yaitu adanya aksi protes warga ketika dilakukan proses pengambilalihan lahan seluas 3.720 ha pada tahun 1992 silam.

PT PGGS telah melakukan akuisisi dengan PT Puncak Keemasan Garam Dunia dengan investasi sebesar Rp 1,8 triliun untuk pengembangan usaha garam di daerah itu. Ketika itu, ada warga yang diintimidasi sehingga proses penandatanganan penyerahan lahan dilakukan dalam kondisi terpaksa.

Selain itu, katanya,  proses penyerahan hak pengelolaan melalui HGU tidak benar. Banyak terjadi intimidasi sehingga adanya penolakan warga dan warga menandatangani penyerahan hak dalam kondisi tertekan.

Selama ini pun, katanya, lahan tersebut dibiarkan telantar tanpa adanya aktivitas usaha yang dilakukan PT PGGS. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved