Berita Regional

Kantor Desa Ini Dibangun Mirip Istana Negara Hanya dengan Anggaran Rp 1,8 M

Kantor Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Jawa Timur, ini terbilang cukup megah.

Kantor Desa Ini Dibangun Mirip Istana Negara Hanya dengan Anggaran Rp 1,8 M
KOMPAS.com/Ahmad Winarno
Pengunjung Sedang Berswafoto di depan Kantor Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang mirip dengan Istana Negara. 

POS-KUPANG.COM | JEMBER - Kantor Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Jawa Timur, ini terbilang cukup megah.

Meski kantornya berada di sekitar areal persawahan, struktur bangunan kantor Desa Kemuningsari Kidul itu sangat mirip dengan Istana Negara. Hampir setiap hari kantor desa ini tidak pernah sepi dari kunjungan warga yang berasal dari luar desa setempat. Mereka penasaran dengan kantor desa itu karena mendadak viral di media sosial.

“Viral di medsos, saya saja orang Jember baru tahu kalau kantor desa ini mirip dengan Istana Negara. Makanya ke sini, dan ternyata sungguhan mirip sekali,” kata Ahmad, Rabu (20/7/2018).

Baca: MotoGP Ceko 2018 - Andrea Dovizioso Makin Jauh dari Valentino Rossi dan Maverick Vinales

Warga yang berdatangan tidak lupa berfoto di depan kantor desa itu.

“Ternyata mirip sekali dengan Istana Negara. Jadi enggak usah jauh-jauh datang ke Jakarta, kalau hanya ingin foto di depan Istana Negara sebab di sini ada,” kata Erwin, pengunjung lainnya.

Membangun kantor desa mirip rumah dinas Presiden RI itu membutuhkan waktu sekitar empat tahun.

“Kantor ini mulai dibangun sejak tahun 2014, dan baru diresmikan tanggal 7 Juli lalu. Jadi, pembangunannya dilakukan secara bertahap karena anggaran yang kita miliki terbatas jumlahnya,” kata Kepala Desa Kemuningsari Kidul Sujarwo Adiyono kepada Kompas.com.

Selama empat tahun, pihak pemerintah desa menggelontorkan dana yang tidak sedikit, yakni sekitar Rp 1,8 miliar.

“Dana itu bersumber dari sisa belanja alokasi dana desa, dari pendapatan desa, bagi hasil pajak, dan swadaya masyarakat,” terang Sujarwo.

Baca: Superior General SVD Sedunia Pater Paul Budi Kleden Mohon Dukungan Doa

Menurut Sujarwo, bangunan kantor desa tersebut sebenarnya baru rampung 75 persen. Sebab, di sisi kanan dan kiri bangunan akan dibuat seperti gerbang sehingga mobil bisa memutar.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved