‪Ini Pernyataan Sikap MUI Matim, Terkait Teroris

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) menyampaikan empat poin pernyataan sikap atas aksi keji pengeboman

‪Ini Pernyataan Sikap MUI Matim, Terkait Teroris
POS KUPANG/ARIS NINU
Pernyataan sikap MUI Matim terkait aksi teroris 

‪Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-BORONG-Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) menyampaikan empat poin pernyataan sikap atas aksi keji pengeboman yang dilakukan teroris belakangan ini di Indonesia.

Pernyataan sikap ini disampaikan langsung Ketua MUI Matim,Ibrahim Suman,Senin (14/5/2018) pagi di halaman depan Masjid Agung Baiturrahman, Kampung Ende, Kecamatan Borong,Matim.

Berikuta salinan pernyataan sikap MUI Matim yang diperoleh Pos Kupang Com di Borong,Senin (14/5/2018) pagi.

Pernyataanm sikap Nomor : 01/MUI-KMT/V/2018

Baca: Heboh!Tas Mencurigakan Dibawa ke Mako Brimob Kewapante

Baca: Aliansi Mahasiswa Anti Terorisme Minta Segera Sahkan UU Anti Terorisme


Ssehubungan dengan aksi teror bom pada Hari Minggu tanggal 13 Mei 2018 di beberapa Gereja di Surabaya pukul 08.00 WIB,di Rusunawa Sidoarjo pukul  21.00 WIB.

Senin (14/5/2018) pagi pukul 09.00 WIB di PoItabes Surabaya termasuk peristiwa yang terjadi di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat yang telah memakan korban jiwa ,mencederai rasa kebersamaan dan kemanusiaan, maka MajeIis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Matim menyatakan sikap sebagai berikut :

‪1. Mengutuk tindakan teror dalam bentuk atau Iatar beiakang, dan kepentingan apapun, karena sangat menggagu kerukunan antar ummat beragama serta menggangu stabilitas Negara Kesatuan Republlik Indonesia. Kerena tindakan tersebut menodai rasa kemanusiaan dan bertentangan dengan ajaran agama manapun.

‪2. Menyampaikan rasa duka dan bela sungkawa yang sangat mendalam kepada seluruh keIuarga korban atas musibah yang di alami.

‪3. Mendorong Pemerintah dalam hal ini aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas kejadian yang dimaksud.

‪4. Mengajak seluruh komponen masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi. Masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga kondisi dan stabiIitas disekitarnya dan terus bersinergi dengan pihak Pemerintah serta kekuatan sosial Iainnya.

‪Demikian pernyataan ini disampaikan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa meridhoi dan merahmati segala ikhtiar kita untuk kemajuan, kedamaian, ketentraman dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

‪Salinan pernyataan sikap yang turut ditandatangani Sekretaris MUI Matim, Drs. Safrudin Ali, dibagikan kepada beberapa perwakilan instansi yang turut hadir menyaksikan penyampaian peryataan sikap itu antara lain TNI, POLRI, Diskominfo Matim, Bagian Humas dan Protokol KMT, lnsan Pers, perwakilan siswa siswi muslim dan beberapa tokoh masyarakat lainnya yg turut hadir menyaksikan pembacaan pernyataan sikap itu.

‪Usai membaca pernyataan sikap, Ketua MUI KMT, Ibrahim Suman, HI, kepada awak Media menyatakan, bahwa sebagai tindaklanjut pernyataan sikap itu,pihaknya akan lakukan koordinasi dengan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) terkait pengamanan kantibmas tingkat RT/RW.

‪"Untuk diketahui, MUI akan segera lakukan koordinasi dengan FKUB tingkat Manggarai Timur terkait pengamanan dan ketertiban masyarakat di tingkat RT/RW melalui pendataan penduduk baru yang masuk serta warga kontrakan atau kos kosan yang ada di KMT. Hal ini sangat penting dilakukan agar dapat mendeteksi dini pelaku pelaku kejahatan terorisme ataupun kejahatan kejahatan lainnya yang datang dari luar Manggarai Timur,"kata Ibrahim.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved