Pemilu Malaysia Resmi Berakhir Pukul 17.00, Masih Banyak yang Mengantre Belum Beri Suara

Pemilihan Umum ( Pemilu) yang ada di Malaysia Rabu (9/5/2018) resmi berakhir pada pukul 17.00 waktu setempat.

Pemilu Malaysia Resmi Berakhir Pukul 17.00, Masih Banyak yang Mengantre Belum Beri Suara
AFP/Permata Samad
Penduduk Malaysia antre untuk memberikan suara mereka di tempat pemungutan suara selama pemilihan umum ke-14 di Alor Setar, Rabu (9/5/2018). 

POS-KUPANG.COM - KUALA LUMPUR - Pemilihan Umum ( Pemilu) yang ada di Malaysia Rabu (9/5/2018) resmi berakhir pada pukul 17.00 waktu setempat.

Dilaporkan South China Morning Post, penutupan itu terjadi meski masih ada warga yang mengantre untuk menggunakan hak pilih.

Ketika Komisi Pemilu (EC) Hashim Abdullah menjelaskan, langkah itu dilakukan untuk menjamin tidak ada komplain yang dilayangkan masing-masing kubu.

"Hanya yang masih berada dalam bilik diperkenankan untuk menyelesaikan hak memilihnya," kata Hashim dalam keterangannya.

Seorang pejabat EC berujar, Pasal 23 Regulasi Pemilihan 1981 menyatakan, semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus mengikuti jam yang sudah ditentukan.

Terdapat toleransi bagi mereka yang sudah mendapat kertas suara, namun belum memberikan hak pilih dikarenakan masih mengantre.

"Warga yang tidak bisa memberikan suaranya boleh mengisi gugatan di pengadilan sehari setelah pemilu," ujar pejabat tersebut dilansir The Star.

EC, lanjutnya, bakal menggelar pemilihan khusus jika nanti pengadilan mengabulkan gugatan yang dilayangkan oleh pemilih.

Kalangan oposisi langsung menulis di Twitter keluhan mereka di mana ada warga yang harus mengantre hingga tiga jam sebelum bisa menjalankan hak sebagai warga negara.

Lembaga pengawas pemilu, Bersih, menyerukan kepada pemilih untuk tidak pergi dari TPS meski panitia menyatakan mereka terlambat.

Halaman
12
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved