Uskup Ruteng Minta Umat Jangan Terjebak dalam Politik Uang

Uskup Ruteng dengan tegas meminta dan mengajak seluruh umat Katolik agar turut mensukseskan proses pilkada yang jujur dan adil.

Uskup Ruteng Minta Umat Jangan Terjebak dalam Politik Uang
ISTIMEWA
Uskup Silvester San, Pr

Laporan wartawan Pos Kupang.Com, Aris Ninu

POS KUPANG.COM, RUTENG - Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng, Mgr. Silvester San, Pr dalam surat Gembala Prapaska 2018 yang dibacakan di semua paroki, Minggu (4/3/2018) pagi, dengan tegas meminta dan mengajak seluruh umat Katolik agar turut mensukseskan proses pilkada yang jujur dan adil.

Baca: Bupati Manggarai Ingatkan Ini Kepada Kades dan Camat

Uskup San juga meminta umat tidak terjebak dalam politik uang dan politik primordial yang mengkotak-kotakkan.

Uskup San menegaskan, perbedaan pilihan politik hendaknya tidak memecah belah persaudaraan umat tetapi diterima sebagai hal yang wajar dalam proses demokrasi.

"Secara khusus kami mengimbau para politisi agar bertarung dengan sportif, jujur dan benar. Sebab pilkada adalah momentum perjuangan untuk menjadi pelayan masyarakat dan abdi demi kesejahteraan umum. Pilkada bukannya menjadi penguasa yang sewenang-wenang dan korup," katanya.

Ia juga mengimbau para imam dan biarawan/biarawati agar mendorong terwujudnya proses pilkada maupun hasilnya dalam prinsip kejujuran, kebenaran, keadilan dan kesejahteraan umum.

Namun, para klerus tidak boleh terlibat politik praktis kekuasaan. "Jangan menjadi tim sukses untuk calon tertentu secara terang-terangan maupun diam-diam," kata Uskup San.

Uskup San juga mengingatkan para imam jangan sekali-kali menjadikan mimbar gereja sebagai media kampanye politik maupun membiarkan institusi gereja maupun simbol iman Katolik dimanipulasi untuk kepentingan politik tertentu.

"Seluruh perjuangan pertobatan, pembaharuan diri kita termasuk upaya membangun persekutuan umat Allah yang sehati dan sejiwa terpuncak pada peristiwa paska. Kristus yang setia mendampingi kita dalam jalan salib dan kematian akan menganugerahkan kita kepenuhan hidup abdi," ujar Uskup San. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved