Bendahara Tilep Uang honor

Bendahara Dinkes Nagekeo Dilaporkan ke Inspektorat, Ini Penyebabnya

Bendahara Pengeluaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nagekeo, Matilda Ema, diduga menilep uang honor Tenaga Harian Lepas (THL)

Bendahara Dinkes Nagekeo Dilaporkan ke Inspektorat, Ini Penyebabnya
ILUSTRASI
Uang 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.Com, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM, MBAY - Bendahara Pengeluaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nagekeo, Matilda Ema, diduga menilep uang honor Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkup Dinas Kesehatan Nagekeo. Nilai uang yang ditilep tidak tanggung-tanggung Rp 400 juta.

Penyimpangan tersebut terungkap dalam rapat kerja DPRD Nagekeo dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo, Jumat (23/2/1018).

Dalam rapat kerja yang dipimpin Ketua Komisi III DPRD Nagekeo, Marsianus Seke Beo, terungkap bahwa perbuatan Matilde terendus sejak ada laporan dari THL tahun 2017 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo, drg. Elya Dewi dalam rapat tersebut, mengakui, bendahara pengeluaran di dinas yang dipimpinnya memang nakal.

"Uang tersebut sudah dibayar oleh Dinas Keuangan melalui bendahara. Bendahara yang tidak bayar ke THL. Kami sudah beri waktu kepada yang bersangkutan untuk kembalikan uang itu sampai Januari 2018. Ternyata belum bayar juga. Beri lagi perpanjangan waktu sampai 14 Februari, tidak juga ada itikad baik. Kita laporkan ke Inspektorat," kata Elya.

Dikatakan Elya, pihaknya terpaksa menyerahkan kasus itu ke Inspektorat untuk dilakukan audit mendalam sekaligus memberikan sanksi yang pantas kepada yang bersangkutan sesuai PP Nomor: 53/ 2010 tentang Disiplin PNS.

Elya menegaskan, uang yang ditilep bendahara pengeluaran itu harus dikembalikan. "Itu hak THL dan dokter. Wajib hukumnya dikembalikan," kata Elya.

Elya mengungkapkan, sudah mem-black list Matilde Ema untuk tidak diberikan tanggung jawab yang sama, baik di Dinas Kesehatan maupub institusi di bawah Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo. (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved