Berita Sumba

Pemasangan Pipa Air Bersih Di Mbata Kapidu Sudah Mencapai 90 persen

pipa yang harus dipasang sebanyak 883 pipa yang berukuran 8 dim dan kini sudah 90 persen pipa yang sudah terpasang

Pemasangan Pipa Air Bersih Di Mbata Kapidu Sudah Mencapai 90 persen
POS KUPANG/ROBERT ROPO
Para pekerja sedang memikul pipa besi. 

POS KUPANG.COM | WAINGAPU--Proyek Pembangunan pemasangan pipa air bersih untuk warga Kota Waingapu kabupaten Sumba Timur pada tahun 2017 ini yang diambil dari mata air Mbata Kapidu desa Mbata Kapidu kecamatan Kota Waingapu sudah mencapai 90 persen.

Pimpinan pekerjaan proyek pemasangan perpipaan untuk sarana air minum bersih, Muhammad Thalib menyampaikan itu ketika ditemui Pos Kupang di lokasi pemasangan perpipaan di desa Mbata Kapidu, Kamis (26/10/2017).

Thalib menjelaskan, pipa yang harus dipasang sebanyak 883 pipa yang berukuran 8 dim dan kini sudah 90 persen pipa yang sudah terpasang dan tinggal seratus lebih pipa yang belum terpasang.

Thalib mengatakan, target pada bulan Desember 2017 sudah bisa digunakan proyek air bersih itu.

Thalib mengaku, sebenarnya timnya sudah bisa memasang semua pipa-pipa tersebut, namun karena banyak halangan dan rintangan yang mewarnai pekerjaan proyek yang dikerjakan PT.

Bougenvile Indah dengan anggaran APBD Sumtim lebih dari enam miliar rupiah itu.

Proyek yang diharapkan bisa memberi pasokan air yang lebih memadai untuk reservoir kilometer delapan, yang nantinya diteruskan untuk ke Kota Waingapu, guna mencukupi kebutuhan air bersih warga kota.

Halangan tersebut, kata Thalib, berupa Medan, mendaki dan menurun.

"Pipa kita pikul, satu pipa beratnya sekitar dua ratus kilogram. Jadi kalau medan berat mendaki begini, ya delapan orang yang pikul, apalagi ditambah dengan teriknya matahari yang menyengat kita cukup menderita", katanya.

Selain itu, Thalib juga mengaku tantangan lainya yakni, ada penunggu atau barang halus di mata air yang berwujud seperti perompuan cantik, berambut panjang, tubuhnya tanpa ada selai banang pun (telanjang) dan kulitnya kuning langsat. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved