Breaking News:

BNNP NTT Tes Urine 3.689 Orang Selama Tahun 2015

Sulistiandriatmoko, menjelaskan, tes urine dilakukan di Terminal Oebobo, tempat hiburan malam

BNNP NTT Tes Urine 3.689 Orang Selama Tahun 2015
Net
Polisi tes urine

POS KUPANG.COM -Selama tahun 2015, BNN Provinsi NTT telah berhasil melakukan berbagai kegiatan baik pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi dan pemberantasan. Dari sejumlah kegiatan yang telah dilakukan, BNNP NTT telah melakukan tes urine terhadap 3.689 orang di beberapa lokasi di NTT.

Demikian siaran pers BNN Provinsi NTT tentang kinerjanya dalam pelaksanaan Program Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) 2015 di NTT yang ditandatangani Kepala BNNP NTT, Drs. Sulistiandriatmoko, M.Si dan diterima Pos Kupang, Kamis (24/12/2015).

Sulistiandriatmoko, menjelaskan, tes urine dilakukan di Terminal Oebobo, tempat hiburan malam (THM) dalam Kota Kupang, Bandara El Tari, THM dan kos-kosan di Atambua-Belu, Pangkalan TNI AU Bandara El Tari dan Korem 161 Wirasakti Kupang. Tes urine juga dilakukan di Kampus Undana, Brigif 121 Komodo dan anggota serta staf DPRD Sumba Timur.

"Yang positif sebagai pengguna narkoba dari hasil tes urine ini berasal dari hasil tes di Bandara El Tari, Lanud TNI AU, DPRD Sumba Timur, tempat hiburan malam di Atambua dan di Undana satu orang," jelasnya.

"Untuk pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, kami telah melaksanakan advokasi dan informasi P4GN, peran serta masyarakat dan pemberdayaan alternatif untuk membangun pengetahuan, pemahaman dan kesadaran tentang penyalahgunaan narkoba serta mendorong terciptanya lingkungan bebas narkoba," tulis Sulistiandriatmoko.

Ia mengatakan, advokasi diberikan kepada lembaga pendidikan dari SD hingga perguruan tinggi, lembaga pemerintah, swasta, organisasi kemasyarakatan dan lainnya. Dari hasil tes urine itu, katanya, sebanyak 34 orang dinyatakan positif sebagai pengguna narkoba.

Untuk bidang rehabilitasi, jelasnya, memiliki tugas melakukan asesmen bagi penyalahguna dan pencandu narkotika, beberapa kegiatan yang sudah digelar, yakni bimtek di tempat rehabilitasi, pembentukan klinik pratama BNNP NTT dan lainnya.

Untuk pemberantasan, jelasnya, pihaknya telah melakukan razia di beberapa lokasi di Kota Kupang, Flores Timur, Ende, Sikka dan Sumba Timur. Razia ini, jelasnya, digelar dalam mendukung Program Rehabilitasi 100.000 penyalahguna narkoba.

"Hasil dari razia itu, sebanyak 1.605 orang dites urinenya. Yang positif narkoba, 139 orang. Untuk Kota Kupang, yang terbanyak positif narkoba di Kecamatan Kelapa Lima. Dari keselurahan, tidak ada yang ditindaklanjuti dalam proses penyidikan sedangkan yang menjalani rehabilitasi rawat jalan sebanyak 80 orang," jelasnya. (eko)

Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved